Serunya Belajar Profesi Pemadam Kebakaran, Mulai Praktek Padamkan Api Hingga Menangkap Ular




MADIUN - Keceriaan hingga sorak sorai tak dapat dihindarkan dari siswa-siswi SDN Sukosari, Jumat (26/7). Pasalnya mereka tengah menyimak dan mengikuti arahan dari para petugas pemadam kebakaran Kota Madiun.

Para siswa juga tampak antusias saat petugas mengajak mereka melakukan berbagai praktek kegiatan damkar. Seperti, menangkap ular dan memadamkan api.

Pada sesi menangkap ular, para siswa diajarkan berbagai peralatan sederhana yang digunakan petugas untuk mengamankan hewan melata tersebut. Tak hanya itu, mereka juga bergantian maju untuk memegang ular secara langsung. Anak-anak pun tampak senang.

Antusiasme juga terlihat di sesi pemadaman api. Anak-anak didampingi oleh guru dan petugas damkar. Sehingga, mereka tetap bisa melakukan praktek pemadaman dengan aman. Mulai dari mematikan api dengan karung goni basah hingga pemadaman menggunakan selang air damkar.

Kepala SDN Sukosari, Muljono mengatakan, kegiatan dengan mengundang Pemadam Kebakaran ini sebagai penutup rangkaian masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

“Kita mengundang damkar dengan maksud supaya anak-anak tahu antisipasi menghadapi bencana alam. Juga memadamkan api dan menanggulangi satwa liar seperti ular,” terangnya.

Peserta, lanjutnya, merupakan siswa kelas satu hingga enam. Juga mengikutsertakan siswa PAUD dan TK di sekitar sekolah yang ada di Jalan Sri Linuhung itu.

“Harapannya tentu supaya mereka bisa mandiri, dan juga percaya diri dalam menghadapi situasi-situasi yang tidak familiar,”pungkasnya.
(dspp/kus/madiuntoday)