Jelang ANBK, Dindik Pastikan Asesmen Nasional Berjalan Lancar




MADIUN - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk jenjang SMP di Kota Madiun akan berlangsung pekan depan. Tepatnya pada 11-12 September 2024.

Menghadapi penilaian tahunan tersebut, Dinas Pendidikan Kota Madiun pun melakukan sejumlah persiapan agar pelaksanaannya nanti dapat berjalan aman dan lancar.

"Pada simulasi kemarin kami sudah cek ke sekolah dan dipastikan semua SMP di Kota Madiun siap mengikuti ANBK," ujar Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa, dan Sastra Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi, Jumat (6/9).

Tak hanya itu, Dindik juga berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk memastikan pelaksanaan di hari H sesuai rencana. Salah satunya, ke Diskominfo Kota Madiun terkait jaringan internet dan PLN agar tidak terjadi kendala kelistrikan selama asesmen berlangsung.

Lebih lanjut, Hariyadi menjelaskan bahwa ANBK nantinya akan menghasilkan rapor pendidikan untuk masing-masing sekolah. Adapun rapor pendidikan sekolah itu juga berpengaruh terhadap Standar Pelayanan Mutu (SPM) Pendidikan di Kota Madiun.

"Untuk 2023 yang hasilnya dirilis pada 2024, Kota Madiun meraih nilai 83,4. Atau, Tuntas Madya. Ini sudah baik. Tapi kami harap bisa terus ditingkatkan," jelasnya.

Demi kelancaran pelaksanaan ANBK nanti, Hariyadi pun mengimbau kepada para siswa yang terpilih mengikuti asesmen untuk dapat mengerjakan soal dengan optimal. Sebab, hasil yang dikerjakan siswa berpengaruh terhadap rapor pendidikan sekolah.

Selain itu, Hariyadi jutga meminta dukungan orang tua agar menyemangati dan mendampingi putra atau putrinya agar dapat melaksanakan asesmen dengan baik.

"Untuk bapak/ibu guru, saya imbau agar meningkatkan perbaikan mutu pembelajaran berbasis ANBK. Serta, Peningkatan refleksi dan teknis pembelajaran. Juga kepada kepala sekolah agar ANBK menjadi bahan evaluasi pelayanan mutu pendidikan di sekolah," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)