Jumlah Kunjungan Perpusda Meningkat, Didominasi Pelajar dan Mahasiswa



MADIUN - Seiring dengan melandainya kasus Covid-19, pengunjung perpustakaan daerah (perpusda) Kota Madiun juga mengalami peningkatan. Meskipun pengunjung yang datang belum sebanyak saat sebelum pandemi, namun jumlahnya relatif meningkat.
Rata-rata jumlah pengunjung yang datang 2021 lalu per hari mencapai 100 hingga 150 orang. Sedangkan pada pertengahan 2022 meningkat sebanyak 200 hingga 250 orang. Kebanyakan pengunjung berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.
“Berbagai upaya kami lakukan untuk meningkatkan kunjungan ke perpusda,” terang Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun Satriyo.
Upaya yang dilakukan guna menarik minat baca yakni, dengan menggelar event yang melibatkan pelajar. Tak hanya itu, pihaknya juga bekerja sama dengan sekolah untuk menginformasikan fasilitas dan kebijakan perpusda. Selain itu, menggiatkan kembali perpustakaan keliling.
“Selama pandemi, perpustakaan keliling sempat dihentikan. Diganti dengan pelayanan online. Melalui website, pelajar bisa mengakses buku di perpusda,” ungkapnya.
Update buku juga terus diperbarui. Buku sumbangan dari masyarakat ditampung dan diseleksi. Buku yang layak lantas didisplai dan dimasukkan dalam daftar koleksi. Sedangkan yang tidak lolos seleksi disalurkan ke kelurahan-kelurahan.
(Dspp/kus/madiuntoday)
Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.