Bawa Karung Goni, Wali Kota Sisir Pantai Padang Punguti Sampah



PADANG – Wali Kota Madiun Maidi turut menyuarakan upaya menjaga kebersihan lingkungan dalam Rakernas Apeksi XV di Kota Padang, Sumatera Barat. Selasa (9/8), bersama wali kota lainnya dari 94 kota di Indonesia, Wali Kota Maidi menyisir Pantai Purus Padang untuk memungut sampah yang berserakan.
Kegiatan ini dilakukan selepas mengikuti gowes pagi. Sembari membawa karung goni, wali kota bersama kepala daerah lainnya menyusuri sepanjang pantai.
Sampah merupakan salah satu masalah yang diangkat dalam Apeksi tahun ini. Sampah kerap menjadi permasalahan tersendiri bagi kota. Sebagus apapun pembangunan, namun jika sampah berserakan akan tetap mengganggu kenyamanan.
Wali Kota Madiun Maidi menuturkan, Kota Madiun telah berupaya mengurai permasalahan sampah. Salah satunya, dengan mengelola limbah agar menjadi sesuatu yang bermanfaat. Baik dengan konsep 3R maupun pemanfaatan sampah menjadi gas metan.
‘’Sampah banyak itu artinya kota ini semakin ramai. Sampah banyak tidak apa-apa, tapi harus bisa mengelola. Salah satunya didaur ulang untuk membawa manfaat. Dengan begitu, sampah tidak jadi masalah. Justru jadi berkah,’’ jelasnya.
Upaya Kota Madiun untuk mengelola sampah pun telah mendapatkan perhatian dan penghargaan dari UI Green City Metric Rankings 2022 sebagai Kota Paling Berkelanjutan Dalam Bidang Tata Kelola Limbah.
‘’Di mana ada masalah, itu kita selesaikan. Jangan tunggu masalah jadi besar,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)
Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.