Pembangunan Kuliner Kereta di Jalan Bogowonto on Progress, Ada Pohon Hingga Lampu Desain Bunga



MADIUN – Kawasan kuliner dalam kereta di Jalan Bogowonto terus dikebut. Selain pembenahan di kawasan tersebut, Pemerintah Kota Madiun juga menambah lampu hias agar lebih menarik. Lampu dekorasi berbentuk bunga tersebut sudah berdiri di kawasan tersebut. Kabid Sarana dan Prasarana Utilitas Umum, Per¬tamanan, PJU, dan Pemakaman Disperkim Kota Madiun Andi Anto menyebut pemasangan sudah 70 persen lebih.
‘’Sudah 70 persen lebih mas tinggal seting program sama pemasangan lampu klasiknya. Saat ini terus berproses,’’ katanya, Rabu (10/8).
Pembangunan kawasan tersebut memang melibatkan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain urusan lampu dan taman, ada juga pembangunan trotoar dan fisik lainnya yang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Kawasan tersebut nantinya akan menjadi ikon baru yang menarik wisatawan. Apalagi, lokasinya cukup strategis. Dekat dengan Alun-alun dan Pasar Kawak Kota Madiun.
‘’Kawasan itu juga salah satu wajah kota, karenanya sesuai instruksi bapak wali kota untuk dibuat semenarik mungkin,’’ jelasnya.
Satu unit lampu hias seperti di titik Pasar Sleko sudah terpasang. Bedanya, lampu ini didesain tanaman atau bunga. Penempatannya di sisi barat Jalan Bogowonto atau di bagain ujung kereta. Pun, bakal ada 15 titik lampu klasik yang dipa¬sang di kawasan bekas jalur kereta api (KA) Madiun-Pono¬rogo tersebut. Saat ini pihaknya masih memasang landasan tiang lampu. Selain itu juga ada penanaman pohon peneduh. Ada sekitar sepuluh batang pohon sogo yang ditanam di sela-sela lampu klasik. Seperti penanaman pohon sebelumnya, anggaran pohon tersebut berangkat dari corporate social responsibi¬lity (CSR).
‘’Tinggal menunggu pengiriman dan penanaman,’’ imbuhnya.
Selain itu, pihaknya juga berencana memasang sepuluh set meja-kursi kuliner di kawasan tersebut. Setiap set terdiri dari satu meja dan empat kursi besi cor. De¬sainnya menyesuaikan konsep wisata kuliner sejak awal. Sedangkan pe¬masangan dikerjakan bersam¬aan lampu dan penanaman pohon.
‘’Sesuai instruksi bapak pimpinan, untuk Jalan Bogowonto kami prioritaskan,’’ pungkasnya. (nanda/agi/madiuntoday)
Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.