Jalankan Instruksi Wali Kota, Provider Langsung Cabut Tiang FO Sepanjang Panglima Sudirman – Dr Soetomo




MADIUN – Instruksi Wali Kota Madiun Maidi untuk merapikan tiang fiber optic (FO) di sepanjang Jalan Panglima Sudirman – Dr Soetomo rupanya langsung ditanggapi oleh pihak provider. Jumat (19/8), mereka langsung menerjunkan tim untuk melakukan pemotongan sejumlah tiang dan merapikan kabel.


Proses pencabutan tiang pun dipantau oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Madiun. Setidaknya, 10 tiang telah dicabut sebelum pukul 12.00. Selanjutnya, pihak provider akan berkoordinasi untuk proses ducting. Atau, pemasangan kabel melalui jalur bawah tanah.


‘’Sebagai awalan, ducting dilakukan di area Jalan Pahlawan, Panglima Sudirman depan Pasar Besar, lalu Dr Soetomo lanjut ke stasiun. Melingkar dulu,’’ tutur Kepala Dinas PUTR Kota Madiun Suwarno.


Menurut Suwarno, proses ducting dilakukan untuk mempercantik wajah kota. Sebab, kabel yang tampak semrawut di atas langit akan mengurangi estetika kota.


Meski begitu, Suwarno tak menampik bahwa proses ducting akan membutuhkan waktu. Untuk itu, harus dilakukan dengan kerja sama seluruh pihak terkait.


Secara terpisah, Wali Kota Madiun Maidi mengapresiasi tindakan provider yang cepat tanggap. Dengan proses ducting ini diharapkan trotoar dapat berfungsi optimal dan tidak terganggu adanya tiang FO.


‘’Trotoar kita punya multifungsi. Sebagai tempat berjalan yang nyaman, juga resapan air karena di bawahnya ada box culvert. Nah, kabel-kabel juga ditanam di bawah tanah agar tidak tampak awut-awutan di atas. Bisa mengganggu pemandangan,’’ jelasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)