Serba-Serbi Merawat Kucing Bengal, Si Aktif Nan Eksotis Yang Bikin Jatuh Hati



MADIUN – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang memiliki banyak jenis. Sifatnya yang manja, lucu, dan menggemaskan membuat siapa saja mudah terpikat. Meskipun, tak sedikit di antaranya yang memiliki harga fantastis.


Salah satunya seperti kucing ras bengal. Memiliki ciri khas totol seperti macan, kucing bengal masih kerap digemari para pecinta hewan berkaki empat tersebut. Setyadama Putra Pamungkas, misalnya. Pecinta reptile  itu kini kepincut dengan mamalia eksotis tersebut.


‘’Sudah sejak empat bulan terakhir ini memelihara (bengal, red). Tertarik karena motifnya yang unik dan beragam,’’ ujar warga Jalan Wiro Bumi tersebut saat diwawancarai, Kamis (29/9).


Ada empat kucing bengal yang kini tinggal di rumah Imung, sapaan akrabnya. Yakni, bengal snow, rosseted, brown, dan classic. Tiga di antaranya betina. Sedangkan, bengal snow menjadi satu-satunya pejantan.


Selain tingkahnya yang menggemaskan dan motif bulunya yang eksotis, kucing bengal juga cukup mudah dalam hal perawatan. Seperti, makan dan minum setiap hari, kandang dan litter box yang bersih, vitamin, dan mandi secara teratur. 


"Juga diberi makan daging sesekali," imbuhnya. 


Tidak hanya itu, bengal juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Sehingga, tidak mudah sakit. Meski begitu, kesehatan dan kebersihannya wajib tetap dijaga. 


Ke depannya, Imung berencana mengawinkan kucing bengalnya agar menghasilkan banyak keturunan. Dia juga akan membuka jasa pacak. "Khusus bengal dengan bengal supaya ras keturunannya terjaga," tandasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)