Musim Hujan Tiba, Dinkes PPKB Imbau Warga Antisipasi Penularan Penyakit



MADIUN - Memasuki bulan Oktober, intensitas hujan di Kota Pendekar semakin tinggi. Tidak hanya menyiapkan sarana prasarana agar tidak kehujanan, warga juga diimbau untuk mengantisipasi datangnya penyakit. 


Hal ini seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Madiun dr. Denik Wuryani, Senin (10/10). 


"Musim penghujan ini biasanya banyak lalat. Bisa menyebabkan diare. Maka, masyarakat diimbau untuk menjaga kebersihan," tuturnya. 


Adapun sejumlah cara menjaga kebersihan di antaranya mencuci tangan dengan sabun. Kemudian, mencuci buah dan sayur mentah, menjaga makanan dan minuman agar terhindar dari lalat. Juga, memasak makanan dengan sempurna. 


Tidak hanya itu, Denik juga mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi datangnya penyakit demam berdarah. Sebab, nyamuk dapat berkembang biak dengan mudah selama musim penghujan. 


Dalam kesempatan itu, Denik juga mengimbau agar masyarakat mengenakan pakaian hangat. Terutama, bagi anak-anak yang rentan tertular penyakit. 


"Tetap jaga makanan yang bersih dan sehat, tidur cukup dan teratur, sempatkan olahraga, dan aktivitas sesuai kemampuan," tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)