Taklukkan Tanjakan Pasuruan-Wonokitri, Pit Lempit Borong Juara Bromo Kram 2022




MADIUN - Siapa bilang penghobi sepeda lipat (seli) hanya mampu di lintasan kota saja? 11 anggota Komunitas Sepeda Lipat Pit Lempit Madiun Raya telah membuktikan diri menaklukkan tanjakan Pasuruan-Wonokritri. 


Ya, kegiatan itu dilakukan dalam rangka mengikuti event Bromo Kram 2022, Sabtu (5/11). Bersama ratusan cyclist dari berbagai daerah di Indonesia, 4 anggota Pit Lempit berhasil membawa pulang gelar juara. Sedangkan, 3 orang berhasil meraih posisi 10 besar finish pertama. 


"Total panjang lintasannya 45 kilometer. Yang menjadi tantangan tentunya tanjakannya yang terus naik," ujar Arik Supramono, peraih Juara 1 Kategori Race B Bromo Kram 2022 saat diwawancarai, Selasa (8/11).


Menggunakan sepeda lipat merk Izi dengan lingkar roda 16 inch, Arik berhasil menyelesaikan tantangan dalam waktu 2 jam 4 menit.


Meski biasa mengayuh sepeda balap dan sepeda lipat, namun tantangan Bromo Kram ini diakuinya cukup berat. Karenanya, pria 35 tahun itu melakukan latihan bersepeda 3x seminggu sebelum lomba. 


"Memang targetnya dapat juara dan Alhamdulillah dapat juara 1," tuturnya. 


Hal serupa juga dirasakan oleh Yogananta Catur Aridiana. Menggunakan sepeda lipat Monticello dengan lingkar roda 20 inch, pria 40 tahun itu berhasil finish di posisi ke-2 kategori Ride Bromo Kram 2022.


Latihan bersepeda setiap hari pun dilakoninya sebelum perlombaan. Dirinya pun termotivasi untuk meraih juara karena sudah dua kali mengikuti kompetisi ini. 


"Tahun lalu finish 20 besar. Dengan waktu tempuh 3 jam 11 menit. Sedangkan, yang tahun ini berhasil juara 2 dengan waktu tempuh 2 jam 37 menit," jelasnya. 


Di sisi lain, Septi Trisna Sari - Juara 3 Kategori Women Race Bromo Kram 2022 mengungkapkan bahwa keberhasilan ini tak lepas dari kerja sama tim Pit Lempit yang solid. 


"Semua sudah ditata sesuai kemampuan masing-masing. Sehingga, Pit Lempit Madiun Raya berhasil memborong juara di setiap kategori," ungkapnya. 


Sementara itu, kategori Race A dengan sepeda lipat berlingkar roda 20 inch berhasil disabet oleh Naufal Farhan yang finish di posisi kedua. 


Menjadi pemenang dalam kompetisi Bromo Kram 2022 tentunya memberikan kesan tersendiri bagi para rider Pit Lempit. Sebab, mereka harus bertarung melawan cyclist dari berbagai daerah lainnya. Terutama, pesepeda dari Jawa Tengah yang sudah lebih akrab dengan tanjakan. 


"Namun, karena kerja sama tim yang kompak ini kita semua berhasil meraih juara," tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)