Kesiapsiagaan Bencana, Korem 081 Dhirotsaha Jaya Laksanakan Apel Gelar Pasukan




MADIUN – Kesiapsiagaan terhadap bencana terus dilakukan. Perhatian, kali ini datang dari Korem 081 Dhirotsaha Jaya. Apel gelar pasukan pun dilakukan, Jumat (18/11). Harapannya, personil dan peralatan dalam kondisi siap saat dibutuhkan. Sejumlah kepala daerah hadir dalam apel tersebut. Tak terkecuali Wali Kota Madiun, Maidi.


‘’Kita tidak mengharapkan bencana. Tetapi kalaupun terjadi, kita sudah siap baik personil maupun alat. Makanya, hari ini kita rapatkan barisan untuk memastikan itu,’’ kata Komandan Korem 081 Dhirotsaha Jaya, Kolonel inf Deni Rejeki usai apel di Bakorwil I Madiun. 


Tidak hanya melihat kesiapan personil dan alat, langkah-langkah mitigasi juga dilakukan. Deni menyebut rapat koordinasi bakal digelar usai apel. Hal itu guna menentukan perencanaan dan langkah mitigasi yang tepat dalam upaya penanggulangan bencana khususnya di wilayah Korem 081 DSJ.


‘’Kita juga menggandeng PT INKA selaku BUMN strategis di sini guna memberikan penjelasan terkait peran dan kontribusi yang bisa diberikan untuk pemerintah. Karena perlu kita pahami bahwa penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama,’’ imbuhnya. 


Deni menyebut terdapat sejumlah atensi terkait kebencanaan ini. Khususnya, bencana hidromoteorologi. Mulai banjir, longsor, maupun angin. Atensi tersebut khususnya untuk sejumlah wilayah seperti Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, hingga Blitar. 


‘’Kita juga akan melakukan latihan di Pacitan guna semakin mempersiapkan personil dan peralatan,’’ ungkapnya. 


Sementara itu, Wali Kota Maidi mengapresiasi langkah dari Korem 081 DSJ tersebut. Hal itu tentu memberikan manfaat tersendiri bagi Kota Madiun. Pemerintah daerah sudah melakukan hal serupa sebelumnya. Adanya perhatian dari Korem 081 tersebut tentunya akan semakin menambah kesiapan petugas jika bencana datang.


‘’Ini bagus sekali dan saya terima kasih sekali, ini akan semakin menguatkan apa yang sudah kita persiapkan kalau sewaktu-waktu bencana datang. Semoga saja tidak ya,’’ harapnya. (dspp/agi/diskominfo)