Dari Pelatihan Pengolahan Ikan DKPP, Dyah Indarti Berhasil Olah Ikan Jadi Menu Zuppa Soup





MADIUN - Siapa yang tak mengenal zuppa soup, menu yang selalu jadi incaran tamu saat ada di pesta pernikahan. Nah, lewat tangan kreatif perempuan asal Kelurahan Kanigoro ini, zuppa soup yang biasanya berisi daging sapi atau ayam, diganti menjadi isian ikan.


Dia adalah Dyah Indarti. Ceritanya dimulai saat dirinya mendapatkan pelatihan pengolahan ikan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun. 


“Waktu itu dapat pelatihan pengolahan ikan dari DKPP, saya kan bisa bikin pastry lalu kepikiran kenapa tidak saya kombinasikan jadi menu zuppa soup,” akunya. 


Perempuan yang akrab disapa Dea ini mengaku, zuppa soup buatannya tinggi protein dan kaya gizi. Pasalnya isiannya menggunakan beragam sayuran dan ikan. 


“Biasanya kan daging ayam atau sapi. Ini saya pakai ikan salmon, dori, dan tongkol,” ungkapnya. 


Dea biasa berjualan di Lapak Kampir Kanigoro. Dalam sehari dirinya bisa membuat belasan porsi zuppa soup. Satu porsinya dihargai Rp 12.000. 


“Selain untuk jualan niatnya juga ikut mensukseskan program pemerintah kota yang menihilkan stunting. Dengan menu saya ini harapannya bisa memenuhi gizi ibu hamil ataupun anak-anak. Dan ingin membuktikan makanan sehat itu banyak ragamnya,” pungkasnya. 

(NEY/kus/madiuntoday)