Dari Lembaran Koran Bekas, Endang Dianti Hasilkan Kerajinan Tangan Menawan




MADIUN - Kesibukan terlihat di teras rumah Endang Dianti Hartiningsih. Perempuan berusia 60 tahun itu tengah sibuk melinting lembaran koran yang sudah dikumpulkannya. 

Setelah jadi beberapa linting, dirinya merangkai lintingan koran itu menjadi vas bunga kecil. 


Kegiatan itu sudah dilakukannya sejak 10 tahun lalu. Awal mula tertarik karena ingin memanfaatkan barang bekas agar menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. 


“Ya untuk mengisi waktu luang. Mumpung sekarang sudah pensiun, saya akhirnya mengisi kesibukan dengan membuat kerajinan dari koran bekas ini,” terangnya.


Tak hanya menyulap koran menjadi vas bunga, keterampilan dan ketelatenannya melinting koran membuahkan berbagai macam karya. Mulai dari tempat sampah, pot bunga, tempat tisu, hingga miniatur motor chopper. 


“Biasanya ikut kalau ada pameran. Pernah ikut di Surabaya. Ini tidak khusus saya pasarkan, hanya kalau ada yang mau silahkan dibeli,” akunya. 


Menurut pensiunan guru ini, membuat kerajinan tangan dengan menggunakan koran bekas ini tidaklah sulit. Lama prosesnya pun tergantung besar kecilnya barang. 


“Memang perlu telaten dan sabar melinting satu-satu. Alatnya melinting bisa pakai lidi, lalu dililit kalau tidak dianyam. Finishing kita pakai lem kayu biar terlihat cantik dan awet,” ungkapnya. 


Kini, sudah puluhan produk dari koran bekas yang berhasil diubahnya menjadi kerajinan yang menawan. Melalui kegiatannya ini, dirinya berharap agar barang bekas tak dipandang sebelah mata lagi. 


“Kalau kita mau, barang bekas bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat. Jadi tidak ada lagi sesuatu yang terbuang sia-sia,” pungkasnya. 

(Dspp/kus/madiuntoday)