Anak-Anak Muda di TITD Hwie Ing Kiong Setia Rawat Kesenian Barongsai




MADIUN - Kesenian barongsai selalu lekat dengan perayaan tahun baru Imlek. Termasuk Imlek 2023 yang akan jatuh pada Minggu (22/1) esok. Di Kota Madiun, ada salah satu grup pementas barongsai yang sudah cukup tua dan terkenal.


Mereka bernaung di Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hwie Ing Kiong. "Sudah ada sejak 1990-an," kata Eko Setyono, pelatih barongsai di TITD Hwie Ing Kiong.


Eko sendiri sudah bergabung dengan Lion Dance Hwie Ing Kiong (nama klub barongsai di TITD Hwie Ing Kiong) sejak 2003. Saat ini, terdapat 15 personel yang tergabung.


"Kami rutin ikut event untuk mengenalkan kesenian ini," terangnya.


Setiap pekan, para personel Lion Dance Hwie Ing Kiong berlatih sebanyak tiga kali. Kadang bahkan latihan dilangsungkan hingga malam. "Anggota termuda pelajar kelas VII SMP," ujarnya.


Menurut Eko, berbagai atraksi yang disuguhkan dalam pementasan barongsai tak sulit dipelajari. Bahkan atraksi tonggak besi yang dinilai orang cukup menyulitkan itu.


"Yang penting mau latihan, berniat sungguh-sungguh dan bersemangat," jelas Eko.


Dia berharap kesenian barongsai dapat semakin dikenal luas oleh masyarakat di tahun Kelinci Air ini. Juga, dapat dipelajari oleh semua kalangan. 


"Kami berharap ada semakin banyak masyarakat yang menyukai barongsai. Semoga, kesenian ini dapat terus dirawat sampai kapanpun," pungkasnya.

(NEY/kus/madiuntoday)