Dinkes Kota Madiun Ajak Orangtua Manfaatkan Imunisasi PCV Gratis di Puskesmas



MADIUN - Saat ini Imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) telah diberikan secara gratis di Puskesmas yang ada di Indonesia, termasuk di Kota Madiun. Sasarannya kepada para balita. 

Pemberlakuan pemberian imunisasi PCV gratis ini merupakan implementasi dari kebijakan Kementerian Kesehatan. Maka dari itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Madiun berharap agar para orangtua memanfaatkan imunisasi PCV gratis ini. 

“Imunisasi PCV ini bertujuan untuk mencegah infeksi virus pneumococcus, virus penyebab radang paru (pneumonia) pada anak. Maka saya mengimbau kepada orangtua yang memiliki bayi usia 1 hingga 12 bulan segera dapatkan vaksin ini,” terang Kepala Dinkes Kota Madiun, Denik Wuryani. 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, imunisasi diberikan kepada bayi secara bertahap mulai dari usia 2 bulan, 3 bulan, dan 12 bulan. Terkait persyaratan, tidak ada syarat khusus yang diberikan. 

“Selama bayi dalam kondisi sehat tidak batuk pilek atau demam, diwajibkan untuk mendapatkan vaksin ini karena ini hak mereka untuk sehat,” ungkapnya. 

Di Kota Madiun sendiri, imunisasi PCV gratis sudah berlangsung sejak Oktober 2022. Sejak bergulir, antusiasme masyarakat cukup baik dalam menyambut imunisasi ini. 

“Harapannya seluruh anak khususnya bayi dan balita yang ada di Kota Madiun bisa mendapatkan imunisasi ini agar terlindungi dari pneumonia,” pungkasnya.

(Rams/kus/madiuntoday)