Tak Perlu Khawatir Anak Kehujanan, Terapkan Tips Berikut Agar Tetap Aman...




MADIUN - Hujan kerap kali datang tiba-tiba. Tak jarang anak ikut kehujanan saat berada di luar rumah. 

Namun, orang tua tidak perlu khawatir. Seperti dilansir dari klikdokter, ada tips yang bisa diterapkan untuk meminimalisasi dampak negatif air hujan terhadap anak. 

1. Segera lepas pakaian
Setelah terguyur air hujan tentunya pakaian anak akan basah. Jika dibiarkan terlalu lama, anak bisa kedinginan dan rentan terserang penyakit. Maka, segera ganti dengan pakaian kering. 

2. Mandi dengan air hangat
Air hangat berguna untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Pastikan si kecil merendam dan menggosok kaki dengan air garam hangat atau menggunakan sabun untuk mencegah infeksi bakteri dari air hujan. 

3. Keramas
Penting mencuci rambut dengan sampo setelah terguyur air hujan untuk membuang sisa kuman penyakit yang menempel di tubuh anak. Termasuk, kulit kepala. 

4. Cuci tangan dengan benar
Ajarkan anak cara mencuci tangan dengan benar. Yakni, dengan menggunakan air mengalir dan gosok dengan sabun minimal selama 20 detik. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih. 

5. Makan dan minum hangat
Dinginnya air hujan kadangkala menyebabkan rasa lapar. Maka, berikan makanan dan minuman yang hangat untuk menyeimbangkan suhu tubuh dari dalam. 

6. Tidur cukup
Tidur yang cukup membantu sistem kekebalan tubuh si kecil bekerja dengan baik dan optimal. Anak usia 5-10 tahun membutuhkan waktu tidur 10-11 jam setiap malam. Pastikan anak mendapatkan waktu tidur yang cukup. (Ws hendro/irs/madiuntoday)