Ikut Tekan Stunting, Persatuan Organisasi Profesi Gelar Pemeriksaan Untuk Balita




MADIUN – Upaya menekan angka Stunting membutuhkan kerja sama dari berbagai sektor. Untuk itulah, organisasi profesi di Kota Madiun menggelar kegiatan khusus untuk mencegah Stunting di Kota Madiun.

Adapun organisasi profesi yang tergabung adalah Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Madiun, DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Madiun, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Madiun, puskesmas, dan posyandu.

Kegiatan dalam rangka Gebyar Hari Gizi Nasional ke-63 itu berlangsung di Posyandu Bogenvil, Jalan Nitinegoro Gang IV, Kelurahan Demangan, Senin (20/2). ‘’Dalam kegiatan ini kami sosialisasikan pencegahan Stunting dengan protein hewani,’’ ujar Ketua Persagi Kota Madiun Kukuh Kristiani.

Pemeriksaan pun dilakukan kepada balita di posyandu tersebut. Mulai dari pemeriksaan antropometri seperti tinggi badan dan berat badan. Juga, pemberian vitamin A, obat cacing, serta konsultasi gizi. 

Dalam kegiatan tersebut, PPNI Kota Madiun juga melaksanakan pemeriksaan penyakit tidak menular kepada balita. Termasuk, deteksi dini penyakit kronis pada balita. Salah satunya, TBC.

Sedangkan, PAFI Kota Madiun memberikan bantuan bingkisan protein hewani seperti telur omega 3 dan abon ikan gabus sebagai bagian dari kampanye pemberikan protein hewani kepada balita untuk pencegahan Stunting.

Kukuh pun berharap, generasi penerus di Kota Madiun bisa bebas Stunting seluruhnya. Untuk itu, dia mengimbau kepada para ibu yang memiliki balita untuk rajin memantau perkembangan anak melalui posyandu. ‘’Dengan begitu, tumbuh kembang anak bisa terpantau dan deteksi dini terhadap potensi penyakit kronis bisa segera diketahui,’’ tandasnya. (Rams/irs/madiuntoday)