Tak Hanya Dipesan Andra Dewa 19, Gitar Buatan Pria Madiun Ini Juga Laris Hingga Mancanegara




MADIUN - Nama Wahyu Widjoyono mungkin sudah tak asing lagi di dunia musik. Pria yang punya workshop di Jalan Flores, Kelurahan Kartoharjo, Kota Madiun itu sudah berkecimpung di dunia musik lebih dari satu dekade. Khusunya di bidang builder gitar elektrik. 

Berderet nama musisi papan atas Indonesia sudah memakai jasa reparasi hingga gitar buatannya. Seperti Eross Sheila on 7, Iga Massardi vokalis sekaligus gitaris Bara Suara, hingga terbaru living legend gitaris Indonesia Andra Junaidi gitaris Dewa 19.

“Gitar buatan saya dipakai pas konser 30 tahun Dewa 19 di Madiun beberapa waktu lalu juga dipakai konser di Jakarta International Stadium (JIS) beberapa waktu lalu,” ungkapnya. 

Keahlian pemilik merek Widjoyono tersebut berawal dari coba-coba saat memperbaiki gitar kesayangannya. Ternyata, hasil utak-atik Wahyu mengundang kagum teman-teman bandnya dulu. Hingga akhirnya dia berani produksi dengan modal referensi tentang seluk-beluk pembuatan gitar. Hingga akhirnya memproduksi gitar elektrik di tahun 2013. 

Semua bahan baku yang dipakai Wahyu untuk membuat gitar diperoleh tak jauh dari Madiun. Bodi gitar, misalnya, berbahan kayu mahoni. Untuk setang gitar, dia memilih kayu sono keling. Cat dan lem juga menggunakan produk dalam negeri. 

’’Tidak kalah kok, kualitas bahan baku dalam negeri juga bagus,’’ katanya.

Agar memiliki tempat tersendiri di hati konsumen, dia sengaja mengusung tema orisinal untuk gitar karyanya. Tak heran jika gitar buatannya banyak diminati para konsumennya. 

“Paling jauh kita kirim gitar ke Alaska. Juga ada kirim ke Jerman, Amerika, Jepang, Australia. Kalau negara tetangga seperti Malaysia dan Singapur jadi langganan,” akunya. 

Kedepan, Wahyu mengatakan bakal memproduksi gitar massal berkolaborasi dengan salah satu musisi ternama di Indonesia. 
(Dspp/kus/madiuntoday)