Jangan Asal Menyikat, Salah-Salah Bisa Muncul Ngilu Pada Gigi




MADIUN – Kebersihan gigi dan mulut penting untuk selalu dijaga. Tentu saja hal itu untuk mencegah segala macam masalah pada gigi dan mulut. Cara termudahnya ya dengan menyikat gigi secara rutin dan benar. Namun, jangan asal menyikat. Salah-salah malah bisa muncul masalah. Dokter Gigi (drg) Priyo Raharjo menyebut menyikat gigi yang tidak benar bisa berujung ngilu pada gigi. 

‘’Kalau terlalu kuat (menyikatnya) bisa melukai gusi. Gusi bisa naik atau turun untuk gigi bawah dan kemudian membuka bagian gigi yang seharusnya tertutup gusi. Nah, bagian ini biasanya sensitif, jadinya mudah ngilu,’’ jelas drg Priyo, Rabu (15/3).

Rasa ngilu pada gigi tentu membuat tidak nyaman. Belum lagi jika muncul masalah gusi berdarah atau lainnya. Menyikat terlalu kuat juga bisa menimbulkan kerusakan gigi. Alhasil, gigi bisa bermasalah dan memunculkan rasa sakit. Karenanya, drg Priyo mengimbau untuk menyikat gigi secara benar. 

‘’Cara menggenggam sikat seperti memegang pensil. Kalau megangnya tidak kuat, secara otomatis gerakan menyikatnya juga tidak kenceng,’’ ungkapnya. 

Priyo menambahkan gerakan menyikat juga berperngaruh. Gerakan baiknya dari arah gusi ke gigi. Artinya, dari atas ke bawah untuk gigi atas dan sebaliknya untuk gigi bawah. Selain itu, bisa secara roll atau memutar. Gerakan seperti itu juga bisa menjangkau sela gigi lebih maksimal. Sebaliknya, Priyo menyebut kebanyakan masyarakat masih menyikat gigi dengan gerakam maju-mundur. 

‘’Gerakan maju mundur baiknya untuk membersihkan gigi geraham bagian atas. Kalau bagian samping mudahnya ya yang gerakan bulat-bulat itu,’’ terangnya. 

Gerakan menyikat gigi tersebut memang sepele. Namun, kebiasaan masyarakat menyikat dengan cara yang kurang tepat. Begitu juga terkait bagian yang dibersihkan. Kebanyakan hanya bagian samping dan gigi depan. Gigi bagian dalam juga harus dibersihkan. Tak heran, kerap muncul karang gigi pada gigi bagian dalam tersebut. 

‘’Ini sepele tapi bisa berdampak luas. Apalagi, kalau sudah muncul masalah gigi. Menyikat gigi dengan benar memang tidak menjamin bebas dari masalah gigi, tetapi paling tidak sudah meminimalisir masalah pada gigi,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)