Agar Tetap Bugar, Jangan Lewatkan Olahraga Selama Puasa




MADIUN – Menjalankan ibadah puasa tak jarang membuat seseorang merasa lapar, haus, dan tak bertenaga. Namun, rebahan saja justru tak menyelesaikan masalah. Bahkan, dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti kaku, kram, dan lemas, jika dilakukan secara berlebihan.

Nah, untuk menjaga tubuh tetap bugar, olahraga bisa menjadi pilihan. Tentunya, kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tips agar ibadah puasa tetap berjalan maksimal.

Melansir Women’s Health, berikut sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk berolahraga selama menjalankan puasa.

1. Pilih waktu yang tepat
Momen menjelang berbuka puasa menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga menurut para ahli. Sebab, energi bisa terisi kembali segera setelah berbuka. Hal ini juga bisa menghindarkan diri dari dehidrasi.

2. Sesuaikan intensitas
Kondisi tubuh fit pada orang yang sedang berpuasa tentu berbeda dengan saat mereka tidak berpuasa. Karenanya, perlu dilakukan penyesuaian durasi dan intensitas olahraga agar tidak kehabisan energi.

3. Banyak minum air saat sahur dan berbuka
Kekurangan asupan air menjadi penyebab seseorang lebih cepat Lelah. Karena itu, pastikan asupan air tetap terpenuhi agar tidak dehidrasi.

4. Kenali tanda-tanda dehidrasi
Pusing, kelelahan, kepala berputar, air seni berwarna gelap, merasa sangat haus, hingga kram otot bisa menjadi tanda-tanda dehidrasi. Untuk itu, kurangi intensitas olahraga jika merasakan gejala tersebut.

5. Fokus latihan beban tubuh
Latihan kekuatan beban tubuh bisa jadi kegiatan yang tepat saat puasa daripada latihan kardio. Kegiatan ini juga bisa membantu memperlambat proses penyusutan otot saat berpuasa.

6. Pilih makanan berserat tinggi dan kaya protein saat berbuka
Kombinasi ini dapat memastikan tingkat glukosa dalam tubuh stabil. Sehingga, mengurangi rasa lapar keesokan harinya. Selain itu, kurangi konsumsi garam, kafein, dan makanan yang membuat haus. (WS Hendro/irs/madiuntoday)