Tips Menjaga Suhu Tubuh di Tengah Hawa Panas




MADIUN - Sepekan terakhir, suhu panas terjadi di sebagian besar negara di Indonesia. Tercatat, suhu maksimum yang dilaporkan mencapai 37,2 derajat celsius di stasiun pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika di Ciputat, Tangerang Selatan.

Kota Madiun sendiri tak terlepas dari cuaca panas dan sumuk. Hawa seperti ini tentunya perlu diantisipasi oleh masyarakat. Cuaca yang panas dapat berdampak buruk pada kesehatan, mulai dari dehidrasi, lemas, hingga bisa berujung pada kematian. Itu sebabnya setiap orang diharapkan bisa menjaga suhu tubuhnya tetap stabil.

Sebagaimana diketahui, suhu tubuh manusia yang normal sekitar 36-37 derajat celsius. Namun, tubuh dapat cepat beradaptasi dengan suhu di lingkungan sekitarnya. Jika di lingkungan sedang dalam kondisi panas, tubuh akan berusaha mengeluarkan suhu panas.

Maka, konsumsi air minum yang cukup sangat penting di tengah suhu panas yang tinggi saat ini. Jika perlu, cairan yang mengandung elektrolit bisa dikonsumsi. Ia pun menyarankan agar masyarakat tidak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan. 

Pilihlah tempat yang sejuk sehingga suhu tubuh tetap terjaga. Selain itu, seseorang yang harus beraktivitas di luar ruangan sebaiknya gunakan pakaian lengan panjang dengan bahan yang menyerap keringat. Pakaian dengan lengan panjang dapat membantu menahan panas dari luar tubuh untuk masuk sekaligus menjaga suhu dari dalam tubuh.

Sebagai informasi tingkat UV akan mulai meningkat sejak pukul 10.00 WIB dan akan sangat tinggi pada pukul 11.00-12.00 WIB dan mulai kembali turun pada pukul 14.00 WIB.
Maka dari itu disarankan agar mengurangi aktivitas di bawah paparan matahari pada pukul 10.00 - 16.00 WIB. Bagi yang harus tetap beraktivitas, disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30+ tiap 2 jam sekali.
(Ney/kus/madiuntoday)