Peringatan Harkitnas ke-115, Wali Kota: Ini Momentum Bangkit Setelah Covid




MADIUN – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) berlangsung khidmat di Kota Madiun. Peringatan melalui upacara bendara tersebut dipimpin Wali Kota Maidi sebagai Inspektur Upacara, Senin (22/5). Upacara peringatan Harkitnas ke-115 tersebut berlangsung di halaman depan Balai Kota Madiun.

Wali Kota Maidi yang dalam kesempatan membacakan pidato sambutan Plt Menteri Kominfo menyebut dicabutnya status darurat kesehatan global untuk Covid-19 oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) harus dimaknai kebangkitan. Khususnya bangkit dari kekurangan, tantangan, dan masalah akibat terjangan pandemi Covid-19.

‘’Harkitnas ini harus menjadi momentum untuk bangkit paska pandemi. Karenanya, perjuangan belum usai dan harus terus mengobar semangat untuk menjadi lebih baik,’’ kata wali kota.

Harkitnas yang juga memperingati berdirnya Boedi Oetomo sebagai organisasi pergerakan nasional ini telah menjadi simbol pemantik bagi kekuatan Indonesia. Terutama dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. Karenanya, perjuangan para pendahulu patut menjadi contoh untuk perjuangan di masa sekarang khususnya untuk bangkit paska pandemi ini.

‘’Apa yang pendahulu perbuat harus menjadi contoh. Semangat mereka tidak pernah pudar. Kita yang sudah dibantu dengan banyak kemajuan teknologi harus lebih semangat lagi,’’ tegasnya.

Orang nomor satu di Kota Pendekar itu juga berpesan agar ASN tidak menjadi korban perubahan. Tetapi harus turut berkontribusi memberikan perubahan. Karenanya, ASN tidak hanya cukup mengikuti perubahan. Tetapi harus terus mengembangkan diri agar dapat memberikan perubahan itu sendiri.

‘’Perubahan terus terjadi. Jangan sampai menjadi korban perubahan. Tidak cukup sekedar mengikuti apa yang berubah, tetapi harus berkontribusi untuk merubah. Semangat Harkitnas ini harus menjadi semangat perubahan untuk lebih baik ke depan,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)