Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Wali Kota Ajak Toga dan Tomas Sebarkan Kedamaian Jaga Keutuhan




MADIUN – Wawasan kebangsaan perlu terus ditanamkan kepada masyarakat. Karenanya, sosialisasi terkait nilai-nilai wawasan kebangsaan juga terus dilakukan Pemerintah Kota Madiun. Harapannya, dapat meningkatkan semangat kebangsaan dan nasionalisme masyarakat dalam menjaga kerukunan, ketertiban, dan kedamaian demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

‘’Kita dilahirkan di bumi ini untuk menyempurnakan kehidupan, bukan untuk membuat kerusakan. Poinnya itu dulu,’’ kata Wali Kota Maidi yang menjadi narasumber dalam Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bagi Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Masyarakat (Tomas) Kota Madiun di gedung Diklat Kota Madiun, Selasa (23/5).

Wali kota menyebut semangat kebangsaan harus sejalan dengan semangat menjaga kedamaian. Artinya, semakin besar semangat kebangsaan semakin besar pula rasa kepedulian untuk menjaga keamanan dan ketertiban untuk mewujudkan kedamaian. Bukan malah menjadi penyebab kerusakan.

‘’Kita harus mengawali untuk tertib. Harus menjadi contoh masyarakat. Kalau ada yang mengarah ke sana, harus kita ingatkan dan kita cegah. Harus kita sampaikan pesan-pesan kedamaian untuk menjaga keutuhan,’’ jelasnya.

Wali kota menambahkan hal itu penting mengingat Kota Madiun semakin menarik saat ini. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang datang ke Kota Pendekar. Wisatawan itu harus dilayani dengan baik agar berkenan datang lagi dengan mengajak lebih banyak orang. Banyaknya wisatawan tentu menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Kota Madiun. Sebaliknya, kerawanan bisa menjadi pemicu lesunya perekonomian daerah.

‘’Ini peran kita bersama. Kota ini bisa baik karena kita semua. Karenannya, saya minta kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama ini untuk turut serta berkontribusi dalam mewujudkan kedamaian di Kota Madiun,’’ pungkasnya. (ney/agi/diskominfo)