Indeks Kebahagiaan Tinggi, Kota Madiun Buka Peluang Raih iBangga Award 2023 Tahun Ini




MADIUN – Pemerintah Kota Madiun kembali berpeluang mengukir prestasi. Sebab, Kota Pendekar satu dari lima daerah yang masuk nominasi iBangga Award 2023 yang digelar Pemprov Jawa Timur. Peninjauan lapang pun digelar dalam rangka penghargaan tersebut, Kamis (15/6).

Wali Kota Madiun Maidi optimis Kota Madiun bisa meraih iBangga Award tersebut. Pasalnya, selain telah memenuhi semua persyaratan, nilai Indeks Kebahagiaan Hidup (IKH) di Kota Madiun juga cukup tinggi. IKH Kota Pendekar di angka 60,52. Angka tersebut lebih tinggi dari Jawa Timur.

‘’Hidup di Kota Madiun itu sangat bahagia. Coba lihat saja, angka perceraian turun, nikah dini terendah ketiga Jawa Timur, dan nilai kebahagiaan tinggi. Kurang apa lagi coba,’’ kata wali kota di sela peninjauan lapang.

Karenanya, wali kota optimis nilai peninjauan lapang juga tinggi. Kota Madiun juga memiliki banyak inovasi di bidang pembangunan manusia untuk mewujudkan kesejahteraan warga tersebut. Perhatian dimulai dari sejak sebelum kelahiran hingga kematian. Pemeriksaan dilakukan pada pasangan calon pengantin. Hal itu dilakukan guna mempersiapkan masa kehamilan yang sehat setelah menikah nanti. Begitu juga dalam masa kehamilan. Pendampingan terus dilakukan sampai paska melahirkan.

‘’Karena itu, angka stunting kita juga turun. Prinsipnya kita terus memberikan perhatian agar masyarakat terlayani dan hidup bahagia,’’ jelasnya.

Selain itu, berbagai barang kebutuhan cukup mudah didapatkan dengan harga terjangkau di Kota Madiun. Wali kota tak membantah Kota Madiun tidak punya banyak lahan pertanian. Namun, Kota Madiun menjadi tempat berjualan produk-produk dari daerah sekitar. Karenanya, mendapatkan barang kebutuhan cukup mudah dan murah.

‘’Tetapi jangan cepat puas dulu. Dari 17 indikator kebahagiaan tadi yang kurang mana harus terus kita dorong agar meningkat. Ini penting untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,’’ pungkasnya. (rams/agi/diskominfo)