Penanaman Ideologi Pancasila, Wali Kota Sosialisasikan Pada Generasi Muda




MADIUN – Ideologi Pancasila wajib terus ditanamkan pada generasi muda. Hal itu penting untuk menumbuhkan rasa nasionalisme serta cinta tanah air yang sesuai dengan tujuan bangsa. Sosialisasi pun terus dilakukan Pemerintah Kota Madiun kepada para pemuda. Salah satunya, kepada mahasiswa, Kakang-Mbakyu, purna Paskib, dan lain sebagainya. Sosialisasi semakin menarik lantaran langsung diberikan Wali Kota Madiun, Maidi.

‘’Pemuda harus memiliki nilai-nilai Pancasila. Ini penting bukan hanya untuk diri pribadi namun juga untuk kemajuan bangsa,’’ kata wali kota saat Sosialisasi Pemantapan Nilai-nilai Ideologi Pancasila Bagi Generasi Muda Kota Madiun di gedung Diklat, Jumat (16/6).

Pancasila, lanjut wali kota, memiliki peranan penting bagi Bangsa Indonesia. Menjadi dasar negara, jiwa, kepribadian, perjanjian luhur, pandangan hidup, serta ideologi bangsa. Tak heran, Pancasila wajib melekat dalam jiwa. Hal itu harus terus ditanamkan agar tidak lekang dimakan zaman. Karenanya, implementasi nilai-nilai Pancasila bukan sekedar dipahami. Namun, juga harus dijiwai dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

‘’Pemuda harus mengamalkan nilai Pancasila agar lebih terarah dan tetap menjaga identitas serta jati diri bangsa. Ini penting dalam menjawab tantangan global,’’ jelasnya.

Wali kota menyebut Pemerintah Kota Madiun saat ini juga tengah menyiapkan generasi emas 2045. Hal itu harus dimulai dari sekarang. Karenanya, penyiapakan harus dimulai sejak dini. Hal itu penting mengingat generasi muda saat ini akan memikul beban berat. Selain tantangan zaman yang semakin dinamis, ada ketimpangan usia produktif dengan usia non produktif. Usia produktif saat ini jumlahnya lebih banyak. Mereka akan menjadi lansia di masa mendatang. Hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri bagi usia non produktif saat ini.

‘’Generasi sekarang harus unggul dan berkualitas. Karena ada banyak lansia di masa depan,’’ pungkasnya. (ney/agi/diskominfo)