Jelang Hari Jadi, Wali Kota Ziarah Makam Leluhur Kota Madiun




MADIUN – Wali Kota Madiun Maidi bersama Forkopimda, pimpinan OPD, camat, dan pimpinan BUMD di Kota Pendekar menggelar prosesi ziarah makam leluhur pada Senin (19/6). Kegiatan yang dilakukan di Makam Kuncen dan Makam Kuno Taman itu merupakan bagian dari rangkaian menyambut Hari Jadi ke-105 Kota Madiun.

Prosesi ziarah makam diawali dengan doa bersama di area makam. Selanjutnya, wali kota melaksanakan adat potong tumpeng. Kemudian, dilanjutkan dengan menabur bunga di atas persemayaman leluhur.

‘’Ulang tahun itu kita mengenang jasa-jasa beliau ini. Karena tanpa beliau semua, kota kita tidak akan menjadi seperti saat ini,’’ ujar wali kota.

Adapun di Makam Kuncen, wali kota melaksanakan prosesi tabur bunga di makam Ki Ageng Panembahan Ronggo Djoemeno yang menjabat Bupati Madiun era 1568 - 1586. Kemudian, makam Bupati Mangkunegara 1, Patih Wonoasri, dan para bupati Madiun lainnya.

Selanjutnya, di Makam Kuno Taman, wali kota mengunjungi makam Raden Ronggo Prawirodirjo I atau Raden Ronggo Prawiro Sentiko yang menjadi Bupati Brang Wetan Gunung Lawu (1755-1784), Raden Ronggo Prawirodirjo II yang menjabat Bupati Madiun (1784-1797). Raden Ronggo Prawirodirjo II merupakan kakek dari Raden Ronggo Prawirodiningrat. Kemudian, makam Raden Bagoes Sentot Prawirodirdjo, panglima perang Pangeran Diponegoro.

‘’Harapannya, generasi muda tidak melupakan masa lalu. Apa lagi, jasa-jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk kita,’’ imbuhnya.

Untuk itu, dalam peringatan Hari Jadi ke-105 tahun ini wali kota ingin fokus terhadap kemanusiaan. Orang nomor satu di Kota Pendekar itupun mengajak masyarakat untuk lebih peduli kepada sesama. Karenanya, beragam kegiatan yang melibatkan masyarakat akan ditingkatkan.

‘’Di hari ulang tahun ini, kita ingin semuanya bahagia dan masyarakat ikut mendukung pembangunan di Kota Madiun,’’ tandasnya. (Rams/irs/diskominfo)