Komitmen Satu Data Indonesia, Pemkot Bersama Stakeholder Terkait Gelar Rakor Agar Bersinergi




MADIUN - Pemerintah Kota Madiun menggelar Rapat koordinasi (rakor) forum satu data Indonesia, Sosialisasi dan Pendampingan Metadata yang digelar di GCIO, Selasa (25/7).

Sekretaris Daerah Kota Madiun, Soeko Dwi Handiarto yang turut hadir sebagai narasumber menekankan tentang pentingnya data dalam pembangunan Kota Madiun.

Dirinya mengatakan, rakor ini sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan Satu Data Indonesia. Hal ini, lanjutnya, merupakankebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk,” terangnya.

Dalam melaksanakan tugas, lanjut Soeko, utamanya dalam kegiatan pembangunan, ada sebuah proses yg harus dilalui, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga kepada proses evaluasi dan pelaporan. Semua proses tentu tidak bisa dilakukan tanpa adanya data.

“Di dalam menyukseskan pembangunan, penting sekali bagi kita untuk menyajikan data yang akurat, ter-update, terintegrasi, dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu pemerintah membuat suatu kebijakan yaitu Satu Data Indonesia,” ungkapnya.

Melalui rakor ini, diharapkan seluruh OPD mampu berperan sebagai penyedia data untuk portal Satu Data Informasi Kota Madiun. Dimana portal tersebut berfungsi sebagai bank data Kota Madiun yang dapat diakses secara luas oleh publik.
(Ney/kus/diskominfo)