Ikuti Penilaian Kota Sehat, Wali Kota Targetkan Penghargaan Swasti Saba Wistara Tahun Ini




MADIUN - Wali Kota Madiun Maidi menargetkan penghargaan tertinggi dalam penilaian Kota Sehat tahun ini. Yakni, Swasti Saba Wistara 2023.

Untuk itu, wali kota berupaya menyampaikan paparan terbaik dalam penilaian Kota Sehat bersama tim juri pusat yang berlangsung secara daring di GCIO Kota Madiun, Rabu (26/7).

Adapun dalam penyampaian paparan itu wali kota menjelaskan implementasi sembilan tatanan Kota Sehat. Yakni, tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan permukiman dan fasilitas umum, tatanan satuan pendidikan, tatanan satuan pasar, dan tatanan pariwisata.

Lalu, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial, serta tatanan pencegahan dan penanggulangan bencana.

"Di Kota Madiun, sehat tidak hanya dalam artian jasmani dan rohani masyarakatnya. Tapi juga sehat secara ekonomi, infrastruktur, dan sosial," ujarnya.

Sebagai informasi, untuk meraih Swasti Saba Wistara ada kriteria khusus yang harus dipenuhi. Antara lain, telah open defecation free (ODF) atau bebas BAB sembarangan 100 persen. Juga, memenuhi sembilan tatanan Kota Sehat dengan nilai minimal 91 persen.

Wali kota pun berharap, paparan yang disampaikannya bisa menarik perhatian para juri. Serta, memberikan hasil penilaian yang terbaik untuk Kota Madiun.

"Optimis. Saya tunggu tim juri datang ke Kota Madiun," tandasnya. (Dspp/irs/diskominfo)