Pemkot Bersiap Kirim Proposal Rusun Baru ke Pusat




MADIUN - Pemkot Madiun melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) setempat telah menyelesaikan pengurukan lahan untuk pembangunan rumah susun (rusun) IV di Jalan Hayam Wuruk.

Secara keseluruhan luas lahan yang diuruk mencapai 4.700 meter persegi. Hal itu seperti yang dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan Disperkim Kota Madiun, Budi Agung Wicaksono.

"Lokasi pengurukan lahannya ya persis ada di sebelah selatan rusun Ill yang saat ini sedang dibangun oleh Kementerian PUPR," katanya, Kamis (27/7).

Lebih lanjut Agung, salah satu syarat pengajuan rusun ke Kementerian PUPR adalah kesiapan lahan untuk dibangun. Sedangkan saat ini, seluruh kesiapan telah tuntas dilaksanakan Pemkot Madiun, termasuk pemindahan ratusan makam.

"Bukan siap lagi, tapi lahan benar-benar sudah matang. Ketika sewaktu-waktu dibangun, sudah tidak lagi membersikan lahan," imbuhnya.

Agung menyatakan, saat ini Disperkim mulai menyiapkan proposal pengusulan pembangunan rusun IV ke Kementerian PUPR. Namun, pihaknua belum dapat memastikan kapan rusun IV terealisasi karena merupakan kewenangan pemerintah pusat.

"Masih menunggu keputusan pusat untuk pembangunan rusun,” pungkasnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)