Sarasehan Organisasi Masyarakat Sipil, Wali Kota Harap Peran OMS Semakin Meningkat ke Depan




MADIUN – Peran Organisasi Masyarakat Sipil (OSM) tidak dapat dikesampingkan dalam pembangunan di daerah. Tak ayal, peran OSM juga harus terus ditingkatkan. Sarasehan pun digelar Pemerintah Kota Madiun bekerja sama dengan USAID MADANI untuk memperkuat pembangunan di Kota Madiun. Tak hanya sarasehan, tetapi juga terdapat pameran UMKM.

USAID MADANI merupakan program yang diselenggarakan selama lima tahun oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development / USAID). Program ini dirancang untuk memperkuat akuntabilitas pemerintah dan mendorong keberagaman sosial di Indonesia.

Wali Kota Madiun, Maidi pun mengapresiasi hadirnya kegiatan tersebut. Wali kota berharap keberadaan OMS di Kota Madiun bisa semakin berkembang sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat.

‘’Kontribusi OMS sudah cukup bagus ya. Artinya, pembangunan bisa dinikmati semuanya. Kalau tidak, hanya dinikmati segelintir saja,’’ kata wali kota usai sarasehan di GCIO Dinas Kominfo Kota Madiun, Kamis (27/7).

Wali kota berharap kontribusi tersebut bisa semakin ditingkatkan. Orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut optimis OMS di Kota Madiun bisa semakin berkembang. Apalagi, ada pendampingan dari USAID MADANI. Pun, wali kota mengharap kepada USAID MADANI untuk selalu terus memberikan pendampingan.

‘’Kerja sama-kerja sama semacam ini yang harus terus ditingkatkan. Segala sesuatu kalau dipikirkan banyak kepala akan semakin memberikan kesempurnaan,’’ jelasnya.

Wali kota juga meninjau stan pameran UMKM dan OMS di kawasan Patung Merlion Sumber Umis. Pameran semakin menarik dengan hadirnya kesenian musik angklung. Selain itu juga ada sosialisasi dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Madiun tentang pemakaian alat kontrasepsi. (ney/agi/diskominfo)