Pembahasan APBD Perubahan Berlanjut, Kali Ini Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi




MADIUN – Pembahasan APBD perubahan tahun anggaran 2023 berlanjut. Rapat Paripurna pun kembali digelar, Selasa (1/8). Rapat Paripurna kali ini dengan agenda Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD atas Raperda Kota Madiun tentang P-APBD Tahun Anggaran 2023.

Satu persatu fraksi pun membacakan pemandangan umumnya. Namun, terdapat dua fraksi yang tidak membacakan pemandangan umum mereka. Yakni, Fraksi Perindo dan Gerinda. Menanggapi itu Wakil Ketua 1 DPRD Kota Madiun Istono yang memimpin jalannya rapat menyebut penyampaian pemandangan umum merupakan hak masing-masing fraksi.

‘’Itu haknya fraksi. Biarpun begitu tetapi nanti mereka akan menyampaikan pendapat akhir setelah serangkaian pembahasan,’’ kata Istono.

Istono menyebut pemandangan umum baru pendapat awal fraksi dari nota penjelasan yang disampaikan Wali Kota Madiun terkait APBD Perubahan tersebut pada paripurna sebelumnya. Pun, proses masih panjang. Paripurna pemandangan umum tersebut akan segera ditindaklanjuti dengan pembahasan-pembahasan antara komisi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

‘’Setelahnya dilanjutkan pembahasan antara tim Banggar (Badan Anggaran) dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah). Jadi ini masih panjang,’’ jelasnya.

Istono menyebut ada banyak hal yang menjadi fokus fraksi di DPRD terkait APBD perubahan tersebut. Di antaranya, terkait retribusi, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), menangani kemiskinan, menekan pengangguran, pembangunan, hingga penataan pedagang. Istono menyebut biarpun pembahasan masih panjang, dirinya optimis pembahasan akan selesai tepat waktu.

‘’Sudah kita jadwalkan. Dan kami optimis pembahasan bisa selesai sesuai target,’’ pungkasnya. (ney/agi/diskominfo)