Deteksi Dini Stunting, Ketua TP PKK Imbau Orang Tua Rajin Bawa Balita ke Posyandu




MADIUN - Bulan Februari dan Agustus dikenal dengan bulan timbang. Maka dari itu, orang tua yang memiliki balita jangan sampai ketinggalan untuk mendatangi posyandu atau fasilitas kesehatan terdekat.

Di sana, para anak akan mendapat pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala. Untuk saat ini pemberian vitamin A tidak dilakukan pada bulan ini. Melainkan diberikan pada Oktober mendatang.

Maka dari itu Ketua TP PKK Yuni Setyawati Maidi mengimbau kepada orang tua yang memiliki balita agar mendukung gerakan deteksi dini stunting.

“Dengan datang ke posyandu, tumbuh kembang anak terpantau. Ayo ibu bapak yang punya anak balita jangan lupa diajak ke posyandu,” ungkapnya dalam acara launching bulan timbang di Kelurahan Manisrejo, Kamis (3/8).

Di Kota Madiun, peringatan bulan timbang sudah dipersiapkan dengan matang. Seperti beberapa waktu lalu, dinas terkait menggelar pelatihan bagi kader posyandu. Mereka mendapatkan pembinaan terkait pemantauan tumbuh kembang pada balita.

Tak hanya materi, para kader posyandu juga mendapatkan praktek pengukuran panjang badan, berat badan menggunakan alat anthropometri.

Melalui kegiatan ini diharapkan pengukuran pada optimal, juga bisa mencegah adanya stunting dan mengintervensi agar stunting bisa sembuh dan kembali normal.
(Radit/kus/diskominfo)