Pulang Dinas Luar Negeri, Wali Kota Kumpulkan OPD Bahas Pengembangan Wisata Kota




KARANGANYAR - Wali Kota Madiun Maidi langsung tancap gas sepulangnya dari melaksanakan dinas luar negeri ke Amerika Serikat.

Kamis (10/8), orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut tiba di tanah air dan langsung mengumpulkan seluruh kepala OPD dan BUMD di lingkup Pemkot Madiun.

Pertemuan tersebut berlangsung di Banyu Mili Resto & Cafe, Tawangmangu, Karanganyar. Dalam pertemuan itu, mantan Sekda Kota Madiun tersebut membahas upaya pengembangan destinasi wisata di Kota Madiun.

"Kota kita sudah mendunia, tapi akar budaya jangan dilupakan," ujarnya.

Wali kota pun menyampaikan sejumlah hal yang dipelajarinya di Amerika. Termasuk, keseriusannya untuk menghadirkan Patung Liberty di Kota Pendekar.

"Kita akan bawa Patung Liberty dan konsep retribusi wisata dari sana ke Kota Madiun. PAD masuk tapi pengunjung tidak merasa keberatan," imbuhnya.

Meski begitu, pengembangan wisata budaya lokal juga akan terus dilakukan. Salah satunya, dengan menggali situs peninggalan sejarah. Juga, pelestarian cagar budaya di Kota Madiun.

Karena itu, wali kota mendorong dinas terkait untuk menggelar event besar yang bertujuan memperkenalkan budaya lokal ke mancanegara. Misalnya, seperti festival Pecel.

"Dengan begitu, Pecel kita akan semakin mendunia dan masyarakat tahu kalau Pecel enak itu ada di Kota Madiun," tandasnya. (Ws hendro/irs/diskominfo)