Pimpin Upacara Ulang Janji Pramuka, Wali Kota Ajak Pramuka Selalu Amalkan Tri Satya dan Dasa Dharma




MADIUN – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Praja Muda Karana (Pramuka) Kwarcab Kota Madiun dimulai. Upacara Renungan Ulang Janji pun digelar, Minggu (13/8) malam. Upacara yang bertempat di Ngrowo Bening Edupark itu pun berlangsung khidmat. Wali Kota Madiun, Maidi selaku Kamabicab memimpin jalannya upacara renungan tersebut.

Wali Kota Maidi berharap peringatan HUT bukan sekedar seremonial belaka. Namun, wajib menjadi pelecut semangat untuk semakin lebih baik. Hari jadi merupakan momentum pengembangan diri. Apalagi, dalam pribadi Pramuka sudah dibekali dengan banyak pembelajaran karakter. Seperti yang tertuang dalam Tri Satya dan Dasa Dharma.

‘’Setiap Pramuka tidak hanya harus hafal Tri Satya dan Dasa Dharma. Tetapi harus bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Siapa yang mengamalkan Dasa Dharma hidupnya akan sukses. Karena semua karakter baik yang dibutuhkan manusia ada didalamnya,’’ kata wali kota.

Wali kota menambahkan Dasa Dharma tersebut wajib selalu diingat setiap kali ingin bertindak. Dasa Dharma wajib menjadi dasar rujukan sebelum melakukan sesuatu. Wali kota juga mengajak Pramuka untuk senantiasa merenungi apa yang sudah dan belum dilaksanakan dalam poin Dasa Dharma tersebut. Dengan begitu, Dasa Dharma bisa tertanam dan menjadi pedoman hidup.

‘’Kalau itu dibiasakan setiap hari, maka setiap pribadi Pramuka akan baik. Karena sudah mengedepankan norma-norma kehidupan. Prinsipnya, Pramuka harus selalu mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma. Ini penting,’’ ungkapnya.

Wali kota tak lupa mengajak Pramuka untuk selalu mengembangkan diri khususnya terkait wawasan entrepreneur. Hal itu penting agar Pramuka tidak hanya baik dalam budi pekerti tetapi juga mampu memenuhi kebutuhan pribadi secara mandiri.

‘’Pramuka itu loyal dan berbudi pekerti yang baik. Itu harus ditingkatkan. Paling tidak Pramuka mampu memenuhi kebutuhan pribadinya. Salah satunya, kita berikan dorongan, motivasi, sekaligus kesempatan untuk menjadi Pramuka entrepreneur,’’ pungkasnya.

Kegiatan Ulang Janji Pramuka tidak hanya berfokus di Ngrowo Bening. Sejumlah undangan juga turut diajak berkeliling Kota Madiun dengan bus wisata. Salah satu tujuannya di Pahlawan Street Center dan Pahlawan Religi Center. Kegiatan juga berlanjut tasyakuran di guest house Pemkot Madiun. (dspp/agi/diskominfo)