Hadiri AKRS, Wali Kota: Semangat Para Pejuang Teladan Kita




MADIUN – Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) merupakan salah satu agenda penting dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan. Kegiatan yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) itu pun berlangsung khidmat, Kamis (17/8) tepat pukul 00.00. Kegiatan juga diikuti sejumlah pejabat Kota dan Kabupaten Madiun. Tak terkecuali Wali Kota Madiun, Maidi. AKRS kali ini dipimpin Komandan Lanud Iswahjudi, Marsma TNI Wastum.

AKRS dilakukan untuk mengenang sekaligus mendoakan para pejuang yang telah gugur. Di TMP Kota Madiun setidaknya terdapat sekitar 800 pahlawan. Rinciannya, 732 pahlawan dari TNI-Polri, lima orang warga sipil, pejuang rakyat sebanyak 156 orang dan 71 lainnya tercatat pahlawan tak dikenal.

Wali Kota Maidi mengajak masyarakat untuk merenung kembali atas jasa-jasa pahlawan yang telah gugur. Terutama merenungkan perjuangan mereka dalam merebut kemerdekaan. Perjuangan dan semangat para Pahlawan, lanjut wali kota, bisa menjadi contoh perjuangan genersai saat ini.

‘’Para pejuang pada saat itu semangatnya luar biasa. Persatuannya luar biasa. Apa yang sudah mereka lakukan ini harus menjadi contoh kita. Ya perjuangannya, ya semangatnya,’’ kata wali kota.

Perjuangan para pahlawan terdahulu patut diacungi jempol. Dengan tidak didukung fasilitas dan teknologi seperti sekarang ini, para pejuang tidak gentar sedikitpun menjaga kedaulatan NKRI. Mereka berjuang menggunakan sarana seadanya. Namun, semangatnya tidak pernah kendur. Wali kota berharap melalui AKRS tersebut diharap semakin menggugah semangat untuk mengisi kemerdekaan.

‘’Pejuang saat ini jangan pernah melupakan pejuang dulu. Masa lalu tidak bisa diubah. Tetapi kita masih bisa mengubah masa depan. Tentu saja dengan meneladani masa lalu,’’ pungkasnya. (dspp/agi/diskominfo)