Kursi DPRD Kembali Lengkap, Pengucapan Sumpah Anggota PAW Berlangsung Khidmat




MADIUN – DPRD Kota Madiun memiliki anggota baru. Sigit Ahimsa dari Partai Perindo resmi menjadi wakil rakyat hingga sisa akhir waktu di 2024 mendatang. Sigit menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) kursi milik Sudarjono yang diberhentikan karena merapat ke partai lain. Rapat Paripurna pengucapan sumpah anggota pun berjalan khidmat, Selasa (29/8).

‘’Ya hari ini ada rapat paripurna istimewa dengan agenda pengucapan sumpah anggota DPRD pengganti antar waktu. Yang bersangkutan sudah bertugas mulai hari ini,’’ kata Ketua DPRD Kota Madiun, Andi Raya Bagus Miko Saputro usai paripurna.

Andi menyebut Sigit Ahimsa sejatinya bukan orang baru. Sebab, sudah pernah menjabat sebagai wakil rakyat pada periode 2014-2019. Karenanya, Andi optimis yang bersangkutan bisa segera menyesuaikan diri dan segera bisa tancap gas dalam mengemban tugas. Apalagi, ada banyak tugas yang menunggu ke depan. Salah satunya, pembahasan Raperda APBD 2024.

‘’Beliau sejatinya bukan benar-benar orang baru karena pernah menjabat di peridoe 2014-2019. Artinya, tugas-tugas kedewanan sudah begitu paham,’’ jelasnya.

Andi menambahkan kelengkapan anggota penting untuk optimalkanya kinerja DPRD. Seperti diketahui, wakil rakyat merupakan kerja kolektif. Artinya, tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Karenanya, kekosongan kursi akan sangat berdampak jika tidak segera dilakukan pengisian.

‘’Masih ada banyak agenda pembahasan dalam waktu dekat ini. Termasuk soal Pj kepala daerah. Jadi keanggotaan yang lengkap tentu akan semakin mengoptimalkan kinerja DPRD,’’ terangnya.

Sementara itu, Sigit Ahimsa mengaku akan segera menyesuaikan diri biarpun dirinya pernah menjadi wakil rakyat sebelumnya. Sigit berharap bisa segera beradaptasi. Apalagi, tentu akan banyak dibantu dari teman-teman fraksi. Khususnya, terkait pembahasan-pembahasan yang sudah dan akan dikerjakan.

‘’Yang pertama tentu saya akan segera menyesuaikan diri dulu. Biarpun pernah menjadi anggota DPRD tetapi tentu kondisinya berbeda sekarang. Mudah-mudahan bisa segera menyesuaikan,’’ pungkasnya. (ney/agi/diskominfo)