Tiga Tahun Berturut-Turut, Kota Madiun Raih Penghargaan Nirwasita Tantra




JAKARTA – Kota Madiun kembali mencetak prestasi membanggakan. Untuk kali ketiga, daerah berjuluk Kota Pendekar ini berhasil meraih penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Penganugerahan Penghargaan Green Leadership ‘’Nirwasita Tantra’’ Tahun 2022 itu berlangsung di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK pada Selasa (29/8). Penghargaan diberikan secara langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar kepada Wali Kota Madiun Maidi.

Tahun ini dua penghargaan yang diraih. Yakni, untuk Kota Madiun sebagai Entitas Pemerintahan kategori Kota Kecil Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Tahun 2022. Juga, penghargaan kepada Wali Kota Maidi sebagai Kepala Daerah kategori Kota Kecil Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Tahun 2022.

‘’Ya, alhamdulillah tiga tahun berturut-turut kita berhasil meraih Nirwasita Tantra. Ini semua berkat kerja keras OPD terkait dan masyarakat,’’ ujarnya.

Menurut wali kota, tak mudah mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra selama tiga tahun berturut-turut. Namun, hal itu tak lepas dari konsistensi OPD terkait dalam menjalankan perintah dengan baik. Juga, masyarakat yang ikut andil dan ikhlas mendukung Pemkot Madiun untuk membangun kota berwawasan lingkungan.

Adapun sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan untuk mewujudkan kota berwawasan lingkungan di antaranya, penanaman tanaman di pusat hingga pinggiran kota. Kemudian, Program Kampung Iklim (Proklim), Adiwiyata, P2L, penanaman pohon untuk bayi yang baru lahir, serta kebijakan tebang 1 pohon diganti 15 bibit baru.

‘’Ini semua tidak akan terwujud tanpa keikhlasan masyarakat dalam menjalankan program,’’ imbuhnya.

Ke depan, wali kota berpesan agar prestasi ini dapat dipertahankan. Serta, terus ditingkatkan untuk kemajuan Kota Madiun. ‘’Tantangan ke depan semakin berat. Namun, dengan kerja keras dan kerja ikhlas kita, semua dapat teratasi,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)