Pemkot Madiun Cetak Generasi Emas lewat Pemilihan Duta GenRe




MADIUN - Komitmen Pemkot Madiun dalam membentuk generasi emas terus digencarkan. Salah satunya lewat Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe). Ajang tersebut digelar Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) setempat di Pahlawan Business Center (PBC), Jumat (1/9) malam.

Malam grand final itu dihadiri oleh Yuni Setyawati Maidi selaku Bunda Genre. Dalam sambutannya, Yuni mengatakan bahwa ajang pemilihan Duta GenRe merupakan komitmen Pemkot Madiun dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul.

“Dua kandidat terpilih bakal menjadi pionir dalam menyuarakan isu remaja sebagai edukasi kepada khalayak umum. Seperti anti seks pra nikah, penggunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (NAPZA), hingga masalah usia perkawinan,” jelasnya.

‘’Karena kami memandang, sosialisasi remaja ke remaja atau teman sebaya jauh lebih efektif daripada kami orang tua mengajak remaja,’’ ungkapnya.

Duta GenRe 2023 kali ini diikuti puluhan peserta setingkat SMA sederajat. Mereka harus melalui tahapan seleksi sebulan belakangan. Mulai tes wawancara, tulis, hingga karantina dan uji modeling.

Seluruh tahapan seleksi diampu oleh tim penguji yang ahli dalam bidangnya. Puncaknya, Keysha Ivan dari SMAN 5 Kota Madiun dan Tiara Anggun dari SMAN 2 Kota Madiun didapuk sebagai Duta Genre dalam malam grand final.

Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Wali Kota Madiun Maidi didampingi Bunda Genre Yuni Setyawati Maidi. Selain bertugas sebagai Duta Genre, pemenang juga bakal dikirim kembali ke ajang serupa di tingkat Provinsi Jawa Timur mewakili Kota Madiun.

‘’Harapan kami mereka bisa membantu dalam memutuskan  angka stunting. Salah satunya, lewat sosialisasi tunda usia perkawinan dan hamil muda,’’ terangnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengukuhan kepada Duta GenRe selutuh kelurahan yang ada di Kota Madiun.
(Dspp/kus/diskominfo)