Cegah Stunting, Wali Kota Ajak Balita Dan Anak Untuk Gemar Makan Ikan




MADIUN - Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor DKPP, Jalan Tirta Raya, Rabu (6/9).

Wali Kota Madiun Maidi pun hadir bersama Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi, Sekda Soeko Dwi Handiarto, dan pimpinan OPD di lingkup Pemkot Madiun.

Dalam kegiatan tersebut, wali kota juga mengundang sejumlah balita dan anak-anak di Kota Madiun. Hal ini tak lepas dari tujuan penyelenggaraan Gemarikan. Yakni, sebagai upaya pengentasan Stunting di wilayah Kota Pendekar.

"Makan ikan meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak," ujar wali kota dalam sambutannya.


Untuk itu, orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut mengajak orang tua agar lebih banyak menyediakan menu ikan dalam makanan sehari-hari.

Ikan sebagai bahan pangan memiliki nilai gizi yang tinggi dan harganya cenderung lebih murah. Apalagi ikan lokal seperti nila, lele, dan gurame. Selain itu, ikan juga lebih mudah dikembangbiakkan.

"Ini harus kita optimalkan. OPD juga harus tanggap membuat kegiatan untuk menekan angka Stunting di Kota Madiun," tandasnya.

Sementara itu,dalam kegiatan tersebut wali kota juga menyerahkan sertifikasi halal kepada sembilan pengusaha Kota Madiun. Khususnya, UMKM yang memproduksi kuliner dari olahan ikan. (Dspp/irs/diskominfo)