Tim Basket 3x3 Putri Buka Kran Medali, Raih Perunggu Usai Kalahkan Tim Banyuwangi




SIDOARJO – Kontingen Kota Madiun di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur akhirnya pecah telur. Tim basket 3x3 putri Kota Pendekar berhasil meraih medali perunggu di Porprov 2023 tersebut. Bertanding di GOR Sidoarjo, tim basket 3x3 putri Kota Madiun berhasil mengalahkan tim Banyuwangi dengan skor telak 22-7. Perolehan ini sekaligus menjadi medali pertama untuk Kontingen Kota Madiun.

‘’Ya Alhamdulillah kita bisa pulang dengan perunggu walau target kita masuk final dan minimal perak,’’ kata Ketua Umum Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Madiun, Bagus Panuntun, Jumat (8/9).

Mereka terdiri dari Dwi Meliana Agustina Sukarno, Meliana Angelina Kurniawan, Shafina Azalia, dan Theresia Chrisma R. Tim basket 3x3 putri Kota Madiun, lanjut Bagus, pun menyelesaikan pertandingan lebih awal. Sesuai peraturan, tim yang bisa mencapai angka 21 lebih dulu langsung dianggap pemenang. Sisa waktu yang berjalan pun langsung dihentikan. Tidak hanya berhasil mencapai poin 21, tim Kota Madiun juga berhasil memimpin jauh dengan selisih 15 poin.

‘’Andai tidak ketemu Surabaya dulu, mungkin kita bisa masuk final dan minimal dapat perak,’’ jelasnya.

Bagus menyebut tim Kota Madiun kurang beruntung pada saat pembagian pool. Tim Kota Madiun langsung bertemu Surabaya di semifinal. Seperti diketahui, tim Surabaya masih terlalu dominan. Sementara, tim semifinalis lainnya memiliki kekuatan cukup merata. Bahkan, tim Kota Madiun bisa dibilang lebih unggul. Terbukti dengan kemenangan telak ketika berjumpa dengan tim Banyuwangi.

‘’Tim lainnya yang masuk kan Kota Malang. Dan kami melihat tim Kota Malang tidak jauh berbeda dengan tim Banyuwangi,’’ ungkapnya.

Bagus menyebut sudah cukup bangga dengan perjuangan atletnya. Ke depan, dia mengaku akan berjuang lebih baik lagi. Dia berharap kontingen Kota Madiun bisa banyak mendapatkan medali. Apalagi, kran medali sudah dibuka oleh tim basket 3x3 putri.

‘’Kita perbaiki lagi untuk berikutnya,’’ terangnya.

Gelaran Porprov VIII Jawa Timur memang masih akan dibuka 9 September besok. Namun, sejumlah cabang olahraga (cabor) sudah memulai pertandingan lebih dulu. Tidak hanya basket, tetapi juga cabor pencak silat dan futsal. Kontingen Kota Madiun mengirimkan 179 atlet dengan 31 cabor. Ada empat daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Yakni, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, dan Kota Mojokerto. Pemerintah Kota Madiun menyiapkan total anggaran Rp 1,2 miliar untuk reward atlet peraih medali. Untuk medali emas, Pemkot memberikan Rp 40 juta. (istimewa/agi/madiuntoday)