Jajaki Pangsa Pasar Internasional, Produk UMKM Kota Madiun Bersiap Ikuti Festival di Amerika




MADIUN – Produk UMKM Kota Madiun tampaknya bakal menapaki pangsa pasar internasional. Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Madiun. Seperti menjalin kerja sama dengan pengusaha eksportir tanah air yang berada di luar negeri. Salah satunya, Fega Mangindaan yang berada di Washington DC, Amerika. Koordinasi berlangsung secara zoom meeting dengan Wali Kota Madiun, Maidi dan sejumlah penggiat UMKM Kota Pendekar di GCIO Kota Madiun, Jumat (22/9) malam.

‘’Inilah yang dimaksud dengan kita mendunia. Hari ini kita zoom dengan yang ada di Amerika, kira-kira di sana yang dibutuhkan apa, produk-produk kita siapkan untuk di-link-kan dengan luar negeri,’’ kata wali kota.

Fega mengaku siap menjembatani pemasaran produk-produk UMKM Kota Madiun di negeri Paman Sam tersebut. Apalagi, dia sudah punya cukup nama dalam urusan tersebut. Fega mengaku sering mengisi festival-festival makanan dan minuman di sana. Terdekat, ada event besar pada 4 November nanti. Nah, produk UMKM Kota Madiun ditargetkan bisa ikut berpartisipasi di event tersebut.

‘’Kita uji coba dulu mungkin sepuluh jenis produk UMKM. Kalau bisa lolos ke sana, kita bawa banyak. Tadi juga sudah ada link dengan restoran dan rumah makan di sana. Jadi tidak harus pada saat pameran, tetapi ada keberlanjutan setelahnya,’’ jelas wali kota.

Sepuluh produk tersebut di antaranya, sambel pecel, beras shirataki, brem, hingga rempah-rempah seperti kunyit, jahe, laos, dan lainnya. Sebab, menurut informasi rempah-rempah tersebut cukup dibutuhkan di sana. Wali kota mengaku Pemerintah Kota Madiun siap menjembatani pengiriman agar produk UMKM Kota Madiun bisa masuk ke sana.

‘’Kalau di sini mungkin perlu laku sepuluh, di sana laku satu saja nilainya sudah sama. Tetapi untuk menuju itu kualitas harus bagus. Kemasan dan lainnya juga harus menarik,’’ pungkasnya. (ney/agi/madiuntoday)