2 Atlet Panahan Kota Madiun Dipanggil Provinsi Untuk Pra PON, 14 Lainnya Turun di Kendal Bupati Cup Open




MADIUN – Atlet Panahan Kota Madiun tampaknya tak bisa beristirahat cukup lama. Bagaimana tidak, usai gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur kemarin, sejumlah kejuaraan sudah menunggu. 14 atlet bakal berangkat di Kendal Jawa Tengah untuk mengikuti Bupati Cup 2023. Dua lainnya, bakal ke Surabaya untuk memenuhi undangan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Jawa Timur guna persiapan pra PON.

‘’Makanya kita latihan terus. Sebagian ada atlet yang kemarin turun di Porprov,’’ kata Ketua Perpani Kota Madiun, Foury Akadiani Kusumaniyah, Kamis (28/9).

Seperti diketahui, cabang olahraga (cabor) panahan cukup moncer di gelaran Porprov VIII lalu. Dari delapan atlet yang diturunkan berhasil mengemas lima medali. Yakni, satu emas dan empat perunggu. Cabor panahan berhasil menyumbang delapan poin untuk kontingen Kota Madiun. Pada gelaran Porprov sebelumnya, panahan berhasil mengemas satu emas dan satu perak dengan sumbangsih poin enam.

‘’Nah, dari hasil itu ada dua atlet kita yang memiliki poin tinggi secara individual. Keduanya mendapatkan undangan dari Perpani Jatim untuk pra PON,’’ ujarnya.

Kedua atlet tersebut yakni, Fikri Ananda Arianta dan Salwa Fadia Nur Azizah. Fikri yang turun di nomor Standard Bow Aduan Perorangan Putra Porprov berhasil meraih medali emas. Sementara Salwa berhasil meraih perunggu di nomor Standard Bow Total Kualifikasi Putri. Keduanya akan mengikuti seleksi bersama 49 atlet panahan lain dari berbagai daerah di Jawa Timur, Sabtu (29/9) ini. Gelaran pra Pon sendiri dijadwalkan November nanti.

‘’Kita juga persiapan untuk Kendal Bupati Cup 2023. Ada 14 atlet yang kita ikutkan,’’ imbuhnya.

Kejuaraan open tersebut juga berlangsung akhir pekan ini. Pihaknya mengikutsertakan atlet mulai dari U-9 sampai U-18. Foury menyebut tidak memasang target tinggi dalam gelaran tersebut. Keikutsertaan lebih untuk menempa mental dan menambah pengalaman bertanding.

‘’Itu kejuaraan open. Biasanya ada banyak atlet dari berbagai daerah. Itu kesempatan bagus untuk menambah menit bertanding,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)