Fikri dan Salwa Masuk Tim Panahan Jatim untuk Pra PON 2023, Minggu Ini Mulai Jalani TC di Surabaya




MADIUN – Dua atlet Panahan Kota Madiun kembali mencuri perhatian di tingkat provinsi. Setelah berhasil meraih medali di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur beberapa waktu lalu, Fikri Ananda Arianta dan Salwa Fadia Nur Azizah berhasil masuk tim Panahan Jatim untuk pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023. Keduanya berhasil menyingkirkan puluhan atlet yang dipanggil Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Jawa Timur untuk seleksi. Pun, keduanya sudah mulai menjalani rangkaian training center (TC) di Surabaya mulai, Senin (16/10) kemarin.

‘’Iya betul (lolos). Sekarang mereka berdua menjalani Puslatda persiapan pra PON di Surabaya,’’ kata Ketua Perpani Kota Madiun, Foury Akadiani Kusumaniyah, Selasa (17/10).

Dipanggilnya Fikri dan Salwa tak terlepas dari moncernya penampilan keduanya di Porprov VIII lalu. Fikri yang turun di nomor Standard Bow Aduan Perorangan Putra Porprov berhasil meraih medali emas. Sementara Salwa berhasil meraih perunggu di nomor Standard Bow Total Kualifikasi Putri. Dari capaian itu, keduanya lantas mendapat undangan dari Perpani Jatim untuk seleksi Pra PON 2023. Mereka dipanggil untuk mengikuti seleksi bersama 49 atlet panahan lain dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Seleksi tahap pertama berlangsung 29 September hingga 1 Oktober lalu. Dari puluhan atlet tersebut tersisa delapan atlet putra dan enam putri. Mereka lantas kembali menjalani seleksi tahap kedua yang digelar 10 hingga 12 Oktober kemarin. Dari seleksi kedua itu tersisa empat atlet putri dan enam atlet putra. Nama Salwa dan Fikri tetap bertahan hingga seleksi kali kedua tersebut. Pun, mereka berhasil menduduki peringkat pertama dari hasil seleksi pertama dan kedua.

‘’Puslatda selama kurang lebih 1 bulan. Nanti, turun di divisi nasional/standar bow,’’ ujarnya sembari menyebut gelaran pra PON dijadwalkan November nanti.

Foury optimis anak didiknya tersebut bisa memberikan yang terbaik. Pra PON di Jawa Barat tersebut, lanjutnya, bisa menjadi batu pijakan untuk gelaran PON. Artinya, mereka berpeluang untuk tampil di PON 2024 mendatang. (rams/agi/madiuntoday)