Pecahkan Rekor Lompat Jauh, Aufar Fadilah Dwi Caksono Jadi Juara SAC Indonesia 2023 - East Java Qualifiers




MADIUN - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh atlet atletik asal Kota Madiun. Dia adalah Aufar Fadilah Dwi Caksono. Siswi SMAN 2 Madiun itu berhasil menjadi jawara dalam cabor Lompat Jauh Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 - East Java Qualifiers.

Pertandingan bergengsi yang diselenggarakan oleh PB PASI bersama DBL Indonesia itu berlangsung di Lapangan Atletik THOR Surabaya, 8-10 Desember lalu. Dalam pertandingan tersebut, Aufar berhasil memecahkan rekor SAC tingkat nasional 2022. Yakni, dengan jarak lompatan mencapai 4,95 meter.

"Tahun lalu juara nasionalnya dari Kalimantan. 4,93 meter," ungkapnya saat ditemui, Selasa (12/12).

Menurut bungsu 3 bersaudara pasangan Wicaksono dan Endang Prihatin Novri Budi Astanti ini, kemenangan tersebut merupakan momen yang tidak terduga. Pasalnya, Aufar sempat mengalami kendala sebelum bertanding.

"Sebelum pertandingan, kaki sempat keseleo sampai sulit untuk berlari," tuturnya.

Tidak hanya itu, remaja kelahiran 13 Agustus 2005 juga tengah menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS). Sehingga, tidak bisa mengikuti latihan pagi hari. Sedangkan, sore harinya hujan. Dia juga kurang istirahat karena harus belajar menyiapkan PAS sehingga berpengaruh terhadap performanya saat latihan.

Namun, semua kendala itu berhasil dilalui dan Aufar sukses meraih gelar juara pertama. Prestasi inipun memacu semangatnya untuk memberikan performa yang lebih baik dalam SAC tingkat nasional di Solo pada Januari 2024 mendatang.

Aufar menargetkan juara pertama dalam pertandingan tingkat nasional nanti. Dia juga terus berlatih agar berhasil mencapai lompatan lima meter. Serta, membayar kekalahannya pada SAC tingkat nasional tahun lalu.

"Apalagi, SAC Januari nanti bisa jadi pertandingan terakhir saya di tingkat SMA karena akan fokus ujian kelulusan," tandasnya. (istimewa/irs/madiuntoday)