Hobi Melihat Lori Tebu Sejak Kecil, Alvin Setya Patria Kini Jadi Perakit Diorama Kereta Api




MADIUN – Kenangan melihat lori pengangkut tebu bersama orang tua kala dirinya masih duduk di bangku SD rupanya sangat membekas bagi Alvin Setya Patria. Bahkan hingga dirinya dewasa, Alvin makin tertarik dengan alat transportasi kereta api.

Kecintaan terhadap alat angkut yang berjalan di atas rel itupun dicurahkannya dengan membuat dan mengoleksi diorama kereta api. Tak jarang pula, bahan-bahan pembuat diorama harus didatangkan dari luar negeri.

‘’Hobi sejak 2017,’’ ujar pria 31 tahun itu.

Koleksi pertamanya merupakan lokomotif CC 206 tanpa mesin. Alvin lantas mengumpulkan informasi untuk mendapatkan mesin miniatur kereta. Akhirnya, warga Jalan Jeruk, Kota Madiun ini berhasil mendapatkannya di luar negeri. Termasuk, rel kereta dan berbagai onderdil penting. Seperti, joiner penyambung rel, roda kereta, dan penyambung kereta.

Kini, suami dari Ayu Wahyuning Setya ini semakin mengembangkan hobinya itu untuk meraup rezeki. Sudah ratusan miniatur dan diorama berhasil dihasilkannya bahkan terjual dengan harga beragam. Mulai dari Rp 200 ribu hingga jutaan rupiah.

‘’Untuk penjualan juga beragam. Ada yang di Jakarta, Jogja, Solo, dan Surabaya,’’ ungkapnya.

Dengan menekuni hobi mengoleksi miniatur kereta api ini, Alvin berharap bisa ikut mendorong tagline Kota Madiun sebagai Kota Kereta Api. Juga, menambah pertemanan melalui komunitas sesama penyuka kereta api.

‘’Semoga bisa semakin meningkatkan edukasi dan dikenal masyarakat,’’ tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)