berita - Details

Beranda Berita Details

Mengenal Varietas Melon Super Salmon, Si Manis Yang Renyah Dan Segar




MADIUN - Buah melon memiliki beragam varietas dengan keunggulan masing-masing. Salah satunya seperti melon super salmon yang saat ini dibudidayakan di Green House Ngrowo Bening Edupark.

Lalu, seperti apa melon super salmon?

Melon super salmon memiliki ukuran yang lebih kecil. Kulitnya tipis dan berwarna kuning. Begitu pula daging buahnya juga berwarna kuning.

Tekstur daging melon super salmon cenderung lebih renyah dibandingkan melon pada umumnya. Selain itu, rasanya juga manis.

"Jika dihitung menggunakan alat, tingkat kemanisannya mencapai 10-15 persen," ujar Pelaksana Green House Melon Ngrowo Bening, Suhardi, Selasa (23/1).

Melon super salmon juga memiliki keunggulan masa tanamnya yang lebih cepat. Hanya 55-60 hari, tanaman tersebut sudah bisa menghasilkan buah siap petik.

Kendati demikian, melon super salmon tak dapat ditanam sembarangan. Dibutuhkan perawatan khusus agar dapat berbuah secara optimal. Misalnya, ruangan tanam yang bebas hama, pupuk, dan air yang cukup.

"Karena kulitnya tipis, kalau terlalu banyak nutrisi bisa pecah sebelum panen. Kekurangan air juga menyebabkan tanaman jadi kering. Jadi semua harus pas," jelasnya.

Karena itu, tak heran jika melon super salmon termasuk salah satu jenis melon premium. Harganya bahkan mencapai Rp 40 per kilogram di supermarket.

Namun, bagi warga Kota Madiun dan sekitarnya yang ingin merasakan melon super salmon kini bisa mendapatkannya dengan mudah. Yakni, di Green House Ngrowo Bening Edupark.

"Harganya tentu lebih murah dari pasaran. Hanya Rp 20 ribu per kilogram. Selama persediaan masih ada," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)


Galeri Berita

Mengenal Varietas Melon Super Salmon, Si Manis Yang Renyah Dan Segar





Galeri Berita