Berawal Dari Hobi, Ilham Kanda Kini Jadi Pembudidaya Beragam Jenis Kura-kura Unik




MADIUN - Kecintaan Ilham Kanda Khoirirridho terhadap reptil mengantarkannya untuk lebih mengenal kura-kura. Kini, berbagai jenis hewan bertempurung dan berkaki empat itu telah dirawatnya.

Mulai dari Kura-kura Darat Sulcata, Kura-kura air RES Yellow Belly, Common Snapping Turtle, Kura-kura Air Mata-mata, hingga Aligator Snapping Turtle.

"Kalau ditotal semua sudah puluhan," ujarnya saat ditemui di Jalan Kalimosodo 49B, Minggu (4/2).

Pria yang akrab disapa Kanda itupun mengungkapkan bahwa dirinya sudah tertarik dan memelihara reptil, seperti ular dan biawak, sejak 2011. Kemudian, pada 2016 dirinya beralih memelihara kura-kura.

Bentuk yang unik dan jangka hidup yang panjang membuat sulung dua bersaudara pasangan Rohman dan Sri Wahyuni ini tertarik dengan kura-kura. Hobi itupun ditekuninya hingga saat ini.

Tidak hanya merawat sebagai peliharaan, pria yang berprofesi sebagai personal trainer fitness ini juga melakukan budidaya. Sebagian hasilnya dijual kepada sesama penghobi reptil.

Lebih lanjut, Kanda memberikan tips untuk merawat kura-kura. Bagi kura-kura darat seperti Sulcata butuh lebih banyak sinar matahari.

"Sulcata termasuk kura-kura gurun. Kesulitannya saat musim penghujan dan mendung. Kita perlu memberi penghangat seperti lampu," jelasnya.

Selain itu, Sulcata lebih banyak makan. Meski begitu, Sulcata mampu menghasilkan 15-30 butir telur sekali bereproduksi.

Sedangkan, untuk kura-kura air perawatannya lebih mudah. Apalagi, yang endemik Indonesia. "Yang penting diperhatikan makanannya dan dijaga kesehatannya," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)