Masa Pancaroba, Jaga Kesehatan Agar Tak Tumbang Saat Puasa




MADIUN – Berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat ini wilayah Jawa Timur telah memasuki fase peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau. Fenomena ini seringkali berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Karenanya, menjaga kesehatan penting dilakukan. Apalagi, bersamaan dengan puasa.

Beberapa penyakit yang seringkali menyerang saat musim pancaroba di antaranya diare dan influenza. Untuk itu, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dapat meminimalisasi potensi penyakit. Di antaranya :

1. Minum air yang cukup
Secara umum, tubuh manusia membutuhkan asupan air setidaknya 2 liter sehari, atau setara dengan 8 gelas air putih. Meski sedang berpuasa, kebutuhan ini tetap dapat terpenuhi. Salah satunya, dengan menerapkan pola 2-4-2. Yakni, 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam, dan 2 gelas saat sahur.

2. Mengonsumsi makanan sehat
Tubuh manusia memerlukan delapan kandungan gizi yang seimbang agar tetap sehat. Yakni, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, kalsium, mineral, serat, dan air. Untuk itu, penuhi kebutuhan tubuh dengan menu lengkap saat sahur dan berbuka.

3. Menjaga pola tidur
Pola tidur yang berantakan, apalagi kurang tidur dapat menyebabkan seseorang mudah mengantuk dan lemas. Karenanya, selama puasa cobalah untuk memenuhi kebutuhan tidur 6-8 jam per hari. Caranya, dengan mengupayakan tidur lebih awal. Atau, sebelum pukul 22.00. Kemudian, tidur pagi sebelum memulai aktivitas. Tentunya, dijeda setelah sahur agar tubuh dapat mencerna makanan dengan optimal. Serta, mencuri tidur 20-30 menit saat istirahat siang untuk memulihkan energi agar lebih produktif.

4. Olahraga
Cukup lakukan aktivitas fisik ringan jika tidak terbiasa olahraga dengan intensitas tinggi. aktivitas fisik ringan dapat dilakukan minimal 30 menit sehari. (WS Hendro/irs/madiuntoday)