Mengenal Keris Asoka, Batik Khas dari Madiun Lor




MADIUN - Kota Madiun banyak menyimpan potensi. Salah satunya seperti karya batik dari Kelurahan Madiun Lor. Batik yang diberi nama Keris Asoka karya Yoeni Astoeti warga Jalan Banda, Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo.

Batik Keris Asoka lahir dari sebuah momentum. Bermula dari perlombaan go green and clean yang ada di kelurahan, perwakilan warga diminta untuk mengirimkan satu inovasi.

“Akhirnya kita buat batik. Inspirasinya dari sekitar,” terang Yoeni.

Lebih lanjut Yoeni mengatakan motif batik yang dibuatnya terinspirasi dari bunga soka yang berbentuk garis lurus pada daun yang bertebaran tidak beraturan.

“Itu menunjukkan kedinamisan warga Kota Madiun. Di lingkungan sekitar juga ada Koperasi wanita dengan nama Koperasi Wanita (Kopwan) SOKA jadi saya beri nama itu,” akunya.

Sementara untuk motif keris, melambangkan senjata orang Jawa yang dibuat oleh Empu dengan penuh tirakat untuk menghasilkan keris yang mumpuni sebagai senjata melawan musuh.

Batik yang dibuatnya kini telah tercatat di hak kekayaan intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, hasil dari fasilitasi Pemkot Madiun. Juga, batik karyanya terpajang di Gedung Dekranasda.
(dspp/kus/madiuntoday)