Gelar Rapat Paripurna Dengan DPRD, Wali Kota Terima Rekomendasi DPRD Atas LKPJ 2023




MADIUN – Pemerintah Kota Madiun kembali menggelar rapat paripurna dengan DPRD Kota Madiun, Senin (1/4). Dalam kegiatan tersebut, eksekutif bersama legislatif membahas agenda penyampaian rekomendasi DPRD atas LKPJ wali kota tahun 2023.

Saat diwawancarai awak media, Wali Kota Madiun Dr. Maidi menuturkan bahwa dalam LKPJ telah disusun sebagaimana mestinya. Serta, memberikan gambaran secara detail atas penggunaan APBD selama 2023.

‘’Tidak ada di dalam LKPJ itu 100 persen. Pasti ada kekurangan. Kekurangan itu menyemangati kita ke depan,’’ ujarnya.

Meski begitu, wali kota mengungkapkan bahwa kekurangan dalam penggunaan anggaran tersebut tidak signifikan. Sehingga, masih dalam tahap wajar dan tidak melanggar aturan.

Lebih lanjut, wali kota menjelaskan bahwa kekurangan serapan anggaran dalam APBD 2023 di antaranya disebabkan oleh permasalahan eksternal. Salah satunya, perang Rusia-Ukraina yang menyebabkan distribusi bahan kebutuhan pokok terhambat.

Meski begitu, selama 2023 sudah banyak prestasi yang diraih oleh Pemkot Madiun. Dengan begitu, menunjukkan bahwa kinerja Pemkot Madiun tetap optimal. Bahkan, IPM terus meningkat, angka Stunting turun, dan angka pengangguran juga turun.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Madiun Istono juga mengungkapkan hal serupa. ‘’Tidak ada yang sempurna. Namun, kekurangan itu tidak signifikan,’’ tuturnya.

Istono pun berharap, LKPJ 2023 bisa menjadi bahan evaluasi bagi Pemkot Madiun untuk meningkatkan kinerja. Sehingga, program dan kegiatan dapat berjalan optimal selama 2024. ‘’Kita terus berupaya dari apa yang masih kurang ini untuk kita tingkatkan, itu dibutuhkan saling koordinasi antara eksekutif, legislatif, dan yudikatif,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)