Salurkan Bansos Imam Masjid, Marbot, dan Tokoh Agama, Wali Kota: Mereka Berkontribusi Besar untuk Kota Kita




MADIUN – Imam masjid, marbot, dan tokoh agama di Kota Madiun tak luput dari perhatian Pemerintah Kota Madiun. Bantuan sosial pun digelontorkan pemerintah kepada ribuan imam masjid, marbot, dan tokoh agama di Kota Madiun tersebut. Prosesi penyaluran juga dibuka langsung Wali Kota Madiun, Dr. Maidi di GCIO Kota Madiun, Senin (1/4).

‘’Imam masjid, marbot, dan tokoh agama ini sudah membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya pelayanan terkait keagamaan. Sudah seharusnya mereka kita perhatikan,’’ kata wali kota.

Pemerintah Kota Madiun memberikan bantuan sosial kepada 1.351 imam masjid, marbot, dan tokoh agama. Bukan hanya dari Agama Islam, tetapi juga agama yang lain. Mereka mendapatkan bantuan sosial dengan besaran yang berbeda. Untuk Imam Masjid diberikan bantuan sebesar Rp 1 juta. Sementara, marbot masjid Rp 600 ribu, sedang tokoh agama diberikan bantuan sebesar Rp 500 ribu. Penyaluran dilakukan bertahap hingga beberapa hari ke depan.

‘’Masyarakat kita butuh pelayanan di bidang agama, kalau semua diserahkan pemerintah, tentu tidak mampu. Karenanya, saya terima kasih sekali kepada para imam masjid, marbot, dan tokoh agama yang sudah membantu pemerintah dalam urusan mendekatkan keagamaan di lingkungan masyarakat,’’ imbuhnya.

Perhatian pemerintah juga cukup banyak. Setidaknya, ada sebanyak 30 marbot dan imam masjid yang beruntung mendapatkan hadiah umrah dari Pemkot Madiun. Mereka diberangkatkan pada akhir 2023 lalu. Pemerintah setidaknya menggelontorkan anggaran Rp 900 juta untuk pembiayaan ibadah umrah tersebut. Pemberangkatan umrah gratis itu rencananya juga akan kembali hadir akhir tahun ini. Namun, tentu dengan imam masjid dan marbot yang berbeda.

‘’Mereka ini kan punya tugas mulia. Mereka turut membantu pemerintah setidaknya dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan di masyarakat,’’ pungkasnya. (dspp/agi/diskominfo)